Puncak Gebyar Hari Jadi Kabupaten Sergai Ke-14 Tahun 2018

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Senin, 8 Januari 2018 | 12:00 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 466


Serdang Bedagai, InfoPublik – Pada puncak gebyar  Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke-14 Tahun 2018, yang jatuh Minggu (7/1) dilaksanakan sidang paripurna istimewa bertempat di gedung DPRD Sergai di Sei Rampah.

Hadir pada rapat paripurna tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST beserta para Wakil Ketua dan anggota DPRD, Kajari Jabal Nur, SH, MH, Kapolres Sergai AKBP Nicolas A. Lilipaly, SH, SIK, MH, mewakili Gubsu Kadis Perindagsar Provsu Ir. H. Alwin, M.Si, Wabup Darma Wijaya, Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Muhsin, Wakapolres Tebing Tinggi, anggota DPRD Provsu, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. drg. Khairani Hadi Winarno, Ketua  Bhayangkari, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharma Karini, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Mantan Bupati Sergai H. Kasim Siyo, Tokoh Pemekaran Kabupaten Sergai H. David Purba, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kakan Kemenag DR. H. M. Syafii, MA, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Dirut Bank Sumut Sei Rampah Sujendi, Camat dan Kepala Desa se-Sergai, Ketua BM3 Yunasril, SH, MH, Ketua Kerabat Drs. Joni Walker Manik, unsur Tokoh masyarakat, tokoh agama, OKP, serta unsur masyarakat.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengemukakan bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-14 tahun 2018 merupakan tahun ketiga pasangan H. Soekirman dengan Darma Wijaya melaksanakan amanah menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021, sudah sepatutnya kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena daerah kita dalam keadaan aman dan kondusif sehingga diharapkan kita mampu mewujudkan kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

Sesuai temanya “Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai ke-14 Kita Tingkatkan Perekonomian Desa” diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian desa di Tanah Bertuah Negeri Beradat dengan pemanfaatan secara optimal potensi desa melalui lembaga-lembaga perekonomian desa seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), koperasi desa sehingga masyarakat yang sejahtera dapat kita wujudkan, kata Bupati.

Bupati Soekirman juga mengucapkan rasa syukurnya karena dari tahun ketahun kesejahteraan masyarakat Sergai terus meningkat. Hal ini ditandai dengan peningkatan beberapa indikator makro ekonomi seperti meningkatnya Produk Domestik Regional  Bruto (PDRB) dan  Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sergai PDRB  Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) sebesar Rp. 20.166,1 Trilyun Rupiah pada tahun 2015 meningkat menjadi Rp. 22.113,8 Trilyun Rupiah pada tahun 2016. Demikian juga untuk IPM mengalami peningkatan yaitu dari 68,01 pada tahun 2015 meningkat menjadi 68,77 pada tahun 2016.

Pada bidang pelayanan umum, lanjut Bupati dapat ditandai dengan meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan dari beberapa bidang yang menjadi urusan wajib dan urusan pilihan serta unsur penunjang urusan pemerintahan daerah. Untuk Sergai saat ini kita memiliki 6 urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, 17 urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, 6 urusan pilihan dan 5 unsur penunjang urusan pemerintahan daerah. Kemudian untuk urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar antara lain adalah urusan dibidang pendidikan.

Sedangkan untuk urusan pilihan dibidang pertanian capaian indikator utama tingkat keberhasilannya antara lain adalah meningkatnya produksi komoditas utama pertanian tanaman pangan seperti padi, jagung dan ubi kayu. Khusus untuk produksi beras sebagai upaya ketahanan pangan dan swasembada beras pada tahun 2017 yang lalu kita mampu mencapai produksi sebesar 300.484 ton dengan produktivitas sebesar 5,92 ton/Ha dan mengalami surplus sebesar 223.315 ton, paparnya.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menambahkan bahwa Sergai saat ini adalah wajahnya Sumut atau dalam bahasa asing berjuluk Sergai is Face of North Sumatera. Oleh karenanya mari bersama kita bangun daerah tercinta ini dengan berbagai program kegiatan dan prestasi yang membanggakan.

Selain itu juga Bupati memohon doa dari seluruh masyarakat Sergai bahwa terkait pengambil alihan dan pengelolaan aset koperasi yang terbengkalai saat ini, akan menjadi yang pertama di Indonesia guna dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, pungkasnya.

Sementara itu  Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST saat membuka Rapat Paripurna Istimewa Mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur masyarakat Sergai atas kerjasama dan dukungan hingga keberlangsungan pembangunan di Sergai. Sinergitas antara Pemerintah, Legislatif dan seluruh unsur masyarakat harus terus kita jaga demi suksesnya pembangunan daerah yang pada akhirnya akan menciptakan pemerintahan yang adil, makmur dan sejahtera.

Sementara Gubsu DR. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si diwakili oleh Kadis Perindagsar Provsu Ir. H. Alwin, M.Si yang juga pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Sergai dalam sambutannya atas nama Pemerintah Provsu mengucapkan Selamat HUT ke-14 Kabupaten Sergai, semoga sejalan dan segera tercapai masyarakat yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

H. Alwin mengajak seluruh undangan agar memaknai hari jadi sebagai momen evaluasi dan motivasi guna percepatan pembangunan yang telah dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Selanjutnya dalam rangka mewujudkan Nawacita, optimalkan pelayanan masyarakat mulai dari bidang kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan mulai dari desa hingga pada unsur pelaksana yaitu OPD.

Mantan Penjabat Bupati Sergai ini meminta kepada masyarakat menjelang pesta demokrasi pada tahun ini untuk mensukseskannya dengan menggunakan hak suaranya sesuai dengan keinginan hati dalam konsep pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia, tukasnya.

Dimeriahkan oleh Pelawak Kondang dan Penyanyi Jebolan D’Academy

Sebelumnya pada Sabtu (6/1) malam, bertempat di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, ribuan masyarakat dan pejabat jajaran Pemkab Sergai menghadiri malam pucak gebyar hari jadi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ke-14 tahun 2018. 

Acara semakin meriah dengan dipandu oleh MC kocak Ipda Nanang dan Aipda Mira dari Ditlantas Polda Sumut. Selain menghadirkan artis pelawak kondang nasional Tarzan, Kadir dan Polo yang membuat penonton terbahak-bahak, selanjutnya Deswa dan Duo Mus, artis dangdut Sergai jebolan D’Academy mengajak masyarakat bergoyang dangdut.

Turut hadir dalam malam puncak gebyar, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kajari Jabal Nur, SH, MH, Kapolres Sergai AKBP Nicolas A. Lilipaly, SH, SIK, MH, mewakili Gubsu Kadis Koperasi Provsu M. Zein, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Tokoh Pemekaran Kabupaten Sergai H. David Purba, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. drg. Khairani Hadi Winarno, Ketua  Bhayangkari, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Tokoh Pemekaran Kabupaten Sergai, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kakan Kemenag DR. H. M. Syafii, MA, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Dirut Bank Sumut Sei Rampah Sujendi, Camat dan Kepala Desa se-Sergai, Ketua BM3 Yunasril, SH, MH, Ketua Kerabat Drs. Joni Walker Manik, unsur Tokoh masyarakat, tokoh agama, OKP, serta seribuan masyarakat Sergai.

Bupati Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya Mengemukakan bahwa ulang tahun yang ke 14 ini kita sudah semakin remaja dan dewasa.

Dikatakannya, hari ini kita bersama-sama bersatu padu dengan produk-produk unggulan desa, kita harapkan bangkit dan menunjukkan keunggulannya sejalan dengan desentralisasi anggaran sehingga bisa mengatur keuangan desa sendiri. Oleh karenanya meskipun mungkin kita dari desa atau kampung, namun prestasi dan mutu kita bukanlah kampungan, katanya.

"Kami berterima kasih kepada semua unsur masyarakat dan diharapkan solusi serta kerja nyata dalam mewujudkan pembangunan agar kabupaten ini semakin hari dapat menunjukkan kualitas dan keunggulannya. Dengan hiburan yang mendatangkan pelawak Nasional Tarzan, Kadir dan Polo, diharapkan dapat menghibur masyarakat Sergai pada umumnya, karena perayaan ini dilaksanakan dengan sederhana namun bermakna,"tutur Bupati Soekirman.

Sedangkan Gubsu DR. H.T. Erry Nuradi, M.Si yang diwakili Kadis Koperasi Provsu M. Zein mengatakan bahwa peringatan hari jadi ini diharapkan menjadi momentum untuk dapat membangkitkan gairah dan motivasi terhadap aparatur dan warga masyarakat sehingga dapat dijadikan evaluasi demi memajukan daerah ini. Dihimbau kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat agar senantiasa bekerjasama dan berkontribusi positif guna pembangunan daerah, katanya.  (MCSergai/vivi/eyv)