Linmas Harus Peka Terhadap Gangguan Keamanan Desa

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 8 Januari 2018 | 11:36 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 341


Rokan Hulu, InfoPublik-Perlindungan Masyarakat yang biasa disebut dengan Linmas sangat besar pengaruhnya terhadap keamanan di desa-desa, karena bersentuhan langsung dengan lingkungan. Oleh sebab itu, diharapkan kepada Linmas agar peka terhadap keamanan desa.

Kemudian, guna meningkatkan kemampuan menjaga keamanan desa, sebanyak 12 Linmas dari Desa Lubuk Kerapat, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), ikuti peraturan baris-berbaris (PBB) di lapangan Koramil 02 Rambah, Senin (8/1).

Instruktur pelatih terdiri dari Babinsa Koramil 02 Rambah, Serka M Ahyar dan Babinkamtibmas Polsek Rambah, Bripka S Damanik. Serka M Ahyar menyebutkan, bahwa latihan PBB ini sangat perlu dilakukan, agar tercipta sinergiritas antara Linmas dengan Babinsa juga Babinkamtibmas.

"Untuk memelihara keamanan, ketentraman serta ketertiban ditengah masyarakat, khususnya di pedesaan," katanya.
 
Ahyar menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan anggota Limas dalam melaksanakan tugasnya. Katanya, Linmas merupakan tenaga cadangan yang menjaga keamanan dan ketertiban bersama TNI dan Polri dalam konsep mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Sementara materi yang disampaikan kepada anggota linmas, kata Ahyar meliputi latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Menurutnya, kemampuan dasar PBB merupakan hal yang penting bagi anggota Linmas.

“Diharapkan, dengan pelatihan ini sebagai anggota Linmas akan percaya diri dan mahir apabila terjadi gangguan kamtibmas di wilayahnya sendiri. Dan Linmas juga harus berkoordinasi dengan TNI/Polri, jika ada gangguan keamanan," pintanya.(MC Riau/sal/eyv)