Jargas Ke Rumah Tangga Lebih Hemat

:


Oleh MC Kota Pekanbaru, Kamis, 4 Januari 2018 | 10:03 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 289


Pekanbaru, InfoPublik - Sejak resmi beroperasi pada Bulan Oktober Tahun 2016 lalu, City Gas atau jaringan gas ke rumah tangga di Kecamatan Limapuluh mulai dinikmati masyarakat setempat. Total rumah tangga yang terhubung dengan jaringan gas di Kecamatan Limapuluh ada 3.713 ke rumah warga yang terbagi kepada 11 sektor.

Demikian dikatakan Heri Susanto selaku Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP), pada Rabu (3/1).

Ditambahkan Heri, Pembayaran tagihan pemakaian gas di Kecamatan Limapuluh dapat melalui Bank BNI. Sementara untu Kecamatan Pekanbaru Kota dan Kecamatan Sail yang pemasangan jaringan gasnya baru selesai telah menggunakan sistem token. "Berbeda dengan Kecamatan Limapuluh," tambah Heri.

Salah seorang warga Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh, Asri (36) yang sudah menggunakan jaringan gas rumah tangga atau city gas sejak bulan Maret tahun lalu telah merasakan keunggulan city gas dibanding gas elpiji, diantaranya penggunaannya yang mudah, persediannya melimpah dan hemat.

"Sekarang tidak perlu takut, tinggal dinyalakan saja, sudah gampang, tiap akhir bulan bayar tagihannya," ujarnya.

Setiap bulan dirinya membayar sebesar Rp. 50 Ribu hingga Rp. 60 Ribu untuk gas yang dipakainya. Besarnya biaya yang dikeluarkan disesuaikan penggunaan gas.

"Seperti listrik PLN, semakin banyak dipakai semakin banyak dibayar, tapi ini lebih hemat dari tabung gas," ujarnya menjelaskan. 

Mengenai resiko kebocoran jaringan gas, ia mengaku tak khawatir. "Pipanya aman, sementara untuk jaringan sampai ke dapur sudah dirancang langsung oleh ahlinya dari pertagas," tutupnya. (MCKominfo04pku)