Disnaker Kota Batam Siapkan Puluhan Bidang Pelatihan

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 3 Januari 2018 | 16:45 WIB - Redaktur: Tobari - 538


Batam, InfoPublik - Dinas Tenaga Kerja kembali menggelar pelatihan bagi pencari kerja, dan tahun ini Disnaker Kota Batam akan mengadakan pelatihan di sedikitnya 21 bidang keahlian.

Bidang pelatihannya antara lain scaffolding, rigger, autocad, pelatihan dasar keselamatan dan kesehatan kerja (K3), pipe filter, welder dasar, teknik pendingin, operator mobil crane, K3, HRD, Bahasa Inggris, SPG, motor roda dua, accounting level 1, akuntansi MYOB, hydroponik, tata rias kecantikan, salon, teknik komputer, security, dan menjahit garmen.

"Pelatihannya digelar untuk sekitar 886 peserta," kata Kepala Disnaker Batam Rudi Sakyakirti, di Batam Centre, Rabu (3/2).

Seperti tahun lalu, Disnaker Batam akan melakukan seleksi untuk calon peserta pelatihan karena kuota yang terbatas. Tes akan dilaksanakan di awal tahun ini. Dan pelatihan mulai digelar di bulan kedua mendatang.

Bagi pencari kerja yang berminat ikut pelatihan bisa mendaftar ke Kantor Disnaker di Sekupang. Persyaratannya antara lain fotokopi KTP, fotokopi kartu AK1, fotokopi ijazah terakhir, pas foto 3x4 empat lembar, serta mengisi formulir pendaftaran.

"Setelah ikut pelatihan, mereka akan dapat sertifikat yang bisa dimanfaatkan saat melamar pekerjaan," kata dia.

Selain itu Disnaker juga menggelar pelatihan untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja. Sebanyak 24 bidang pelatihan digelar untuk 1.301 peserta.

Bidang-bidangnya antara lain welding, AK3 umum, pengawas scaffolding, autocad, K3 migas, bartender, barista, food and beverage perhotelan, Bahasa Inggris level lanjutan, diving open water course, transportasi wisata, jurnalis, hingga HRD supervisor.

"Berbeda dengan pelatihan untuk pencari kerja, untuk peningkatan kompetensi ini kami bekerjasama dengan perusahaan. Jadi harus ada surat penugasan dari perusahaan. Dan sudah berpengalaman di bidangnya minimal dua tahun," terang Rudi. (MC Batam Kartika/toeb)