Surabaya, InfoPublik - Lebih dari 5.000 orang wara masyarakat Jawa Timur, turut hadir dalam Malam Renungan dan Harapan 2018, yang digelar Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr Ramelan, Surabaya, dalam rangka mengisi malam tahun baru 2018.

Kepala Rumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr I D G Nalendra Djaya Iswara, SpB SpBTKV (K) di sela acara renungan Minggu (31/12), mengatakan, malam renungan harapan serta doa bersama Emha Ainun Najib (Cak Nun) tersebut bertujuan, mengisi kegiatan menyambut pergantian tahun dengan hal positif, serta untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Di malam ini kita semua khususnya keluarga besar Rumkital Dr Ramelan ingin merenungkan apa saja yang telah kami lakukan dan capai sepanjang 2017 serta doa dan harapan apa saja yang kami ingin sampaikan untuk tahun 2018," ungkapnya.

Memasuki tahun 2018, Karumkital tidak lupa mengajak seluruh warga masyarakat untuk terus berkarya dan menjadi pribadi yang lebih baik. "Tahun ini kita harus lebih baik dari tahun kemarin, jadikan pengalaman sebagai guru untuk menuju kesuksesan," tuturnya.

Sebagai rumah sakit milik Angkatan Laut, Rumkital akan terus berupaya menjadi yang terbaik dalam memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Tahun ini kami mulai membangun gedung 10 lantai untuk menambah fasilitas pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Saat ini Rumkital hanya memilki 23 tempat tidur di ruang ICU. Dengan dibangunnya gedung baru maka kapasitas akan ditambah 50 tempat tidur, sehingga total memiliki 73 tempat tidur. “Dengan tambahan kapasitas maka kami yakin pasien yang datang dalam kondisi darurat akan tertangani,” tuturnya.

Selain ICU, di gedung baru nanti, kata dr Nalendra, akan ada tambahan kamar operasi sehingga bisa meningkatkan jumlah layanan menjadi 120 operasi/hari. Di Jatim saat ini, pasien kanker rata-rata harus antre penyinaran hingga enam bulan. Kondisi akan memperlambat proses penyembuhan pasien.

“Kami akan menambah kapasitas, saat ini Rumkital hanya mampu melayani 60 pasien radioterapi jika penambahan kapasitas dan peralatan selesai, kami targetkan bisa melayanai sebanyak 130 pasien radioterapi.

Untuk diketahui, Malam Renungan dan Harapan 2018 berlangsung mulai Pukul 20.00 WIB sampai pergantian tahun, diikuti sekitar 5.000 orang yang terdiri dari Prajurit, PNS serta PHL Rumkital Dr. Ramelan serta masyarakat dari berbagai daerah di Jatim.

Sementara Humas Rumkital Dr Ramelan Mayor Silvy  menambahkan, kegiatan dimulai sejak Sabtu pagi diawali tadarus, bazar makanan rakyat, diselingi acara hiburan bersama Kiai Kanjenga yang ditutup malam renungan dan harapan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengurus Jalasenastri Ranting E Gabungan 7 Ny. Leny Nalendra beserta jajaran pengurus, dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf.

"Dari laporan petugas di lapangan, ribuan orang yang hadir, berasal dari hampir seluruh daerah di Jatim, seperti Jombang, Nganjuk, Mojokerto, Lamongan, Gresik, Sampang, Sidoarjo, Pasuruan,  dan Surabaya," imbuhnya.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb