Kapolda Imbau Masyarakat Rayakan Tahun Baru Di Daerah Masing-Masing

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 2 Januari 2018 | 10:14 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 124


Surabaya, InfoPublik - Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin bersama Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman melakukan sidak (inspeksi mendadak) pemantauan persiapan terakhir pengamanan malam pergantian tahun, Minggu (31/12). Sidak dilakukan di wilayah Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Terdapat dua titik lokasi yang ditinjau. Pertama di pos pengamanan Taman Bungkul dan kedua di Command Center Polrestabes Surabaya. Di wilayah Gresik, pantauan dilakukan di Mapolrestabes Gresik dan Gelora Joko Samudro. Sedangkan di wilayah Sidoarjo, pantauan di Mapolresta Sidoarjo dan Terminal Purabaya.

Kapolda mengatakan, dari aspek pengamanan sudah dipersiapkan dengan baik. "Ada personel gabungan dari Polri dibantu Pemda juga yang ditempatkan di pos-pos pengamanan. Daerah yang berpotensi terjadi kepadatan atau jalan yang dilewati seperti Jalan Darmo Surabaya juga tetap ada prioritas pengamanan," jelas Irjen Machfud.

Ia mengimbau masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru agar cukup berkumpul di daerah masing-masing. "Kalau bisa merayakan di kotanya sendiri tidak perlu ke luar kota. Yang di Gresik atau Sidoarjo gak perlu ke Surabaya," jelasnya.

Kendati demikian, Kapolda tidak melarang warga yang mau merayakan tahun baru di luar kota. Namun, ia menegaskan bagi pengendara yang melakukan pelanggaran tetap akan ditangkap dan ditindak.

"Yang tidak dilengkapi surat kendaraan, tidak pakai helm, apalagi pakai knalpot brong pasti kita tangkap. Penegakan hukum tetap akan kami lakukan. Knalpot brong ini yang berpotensi menimbulkan gesekan. Kalau ada yang bleyer (tarik gas) bisa bikin kisruh. Ini yang kita antisipasi sehingga akan kami amankan," tuturnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/eyv)