Warga Bulango Selatan Antusias Urus Dokumen Kependudukan

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 2 Januari 2018 | 07:02 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 393


Bone Bolango, Infopublik – Ratusan warga di Kecamatan Bulango Selatan (Bulsel) terlihat antusias berantrian untuk mengurus dokumen kependudukan dalam Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), yakni semua dokumen kependudukan dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Jumat (29/12) pekan kemarin.

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) tersebut berlangsung di kantor Camat Bulango Selatan, bertepatan dengan peluncuran PATEN Kecamatan Bulango Selatan.

Kepala Disdukcapil Bone Bolango Musa Jassin mengatakan layanan dokumen kependudukan yang dilaksanakan melalui program PATEN tersebut, berupa Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, dan Perekaman e-KTP.

Musa Jassin menambahkan dalam layanan dokumen kependudukan kali ini, mendapat tanggapan antusias dari masyarakat bahkan mereka mengaku bahagia dan sangat gembira atas pelayanan yang diberikan oleh Dikdukcapi Bone Bolango. Apalagi mereka bisa langsung membawa dokumen kependudukan yang diurus, baik itu KIA, KK dan Akta Kelahiran, termasuk perekaman e-KTP.

Tidak hanya itu, kata Musa Jassin dalam layanan dan pengurusan seluruh dokumen kependudukan ini tidak dipungut biaya, alias gratis. “Ini merupakan program nasional dan bagian dari upaya Didukcapil Bone Bolango untuk selalu membahagiakan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Informasi Adminstrasi Kependudukan, Budiyanto Sahabu, menyebutkan pada pelayanan dokumen kependudukan di Kecamatan Bulango Selatan tersebut, Disdukcapil berhasil melayani sebanyak 167 dokumen kependudukan, meliputi  pencetakan KK 56 lembar, akta kelahiran 32 lembar, KIA 38 keping, dan perekeman e-KTP sebanyak 41 orang, termasuk satu orang pindah penduduk.

Budiyanto pun berharap ke depan mudah-mudahan dengan adanya Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Bulango Selatan, ini akan memudahkan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan administrasi dokumen kependudukan. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir)