Babinsa Desa Panagan Gapura Motivasi Warga Dengan Ide Kreatif

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 29 Desember 2017 | 15:56 WIB - Redaktur: Tobari - 596


Sumenep, InfoPublik -  Sebagai Babinsa, Kopda Lukman anggota Koramil 0827/16 Gapura, tidak hanya berkutat dengan tugas keseharian sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Namun, dirinya selalu berupaya memberikan motivasi, dorongan dan ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi warga binaannya.

Salah satunya dengan membantu warga untuk menciptakan usaha kreatif yang bisa menambah perekomonian masyarakat. Karena, semakin banyaknya masyarakat yang produktif, akan tercipta lapangan kerja bagi warganya, sehingga akan mampu menghidupi diri dan keluarganya.

“Ini merupakan salah satu bagian dari tugas kami untuk melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan warga binaan kami,”ungkapnya.

Kopda Lukman mencontohkan, seperti yang dilakukan bersama ibu Fahmi, salah seorang warga Desa Panagan di Kecamatan Gapura, dengan membuat bubur. Selain bisa memberikan nilai tambah untuk membuat makanan untuk keluarga, juga bisa untuk mengembangkan wirausaha jualan bubur.

Pendekatan yang dilakukan kepada warga itu agar warga tetap semangat untuk berwirausaha dan menghindari kesulitan, karena tidak punya usaha yang bisa dilakukan. Padahal, jika terus semangat dan berusaha, akan banyak peluang yang ada di depan mata.

“Tentunya disamping juga membantu warga, kami juga tetap selalu menjaga, memantau serta mengawasi lingkungan di wilayah kami. Karena Babinsa berkewajiban menjaga kondisi yang aman, nyaman dan tenteram,”tambahnya.

Sementara Danramil 0827/16 Gapura Kapten Inf Prajoko, juga menyampaikan, dengan pendampingan Babinsa mudah-mudahan masyarakat dapat termotivasi dan semangat untuk bekerja dan meningkatkan usahanya.

“Semoga dengan pendampingan anggota kami, masyarakat terbantu, sehingga program pemerintah dalam mensejahterakan rakyat dapat berjalan sesuai harapan,” katanya. ( Ren/Esha/Fer/toeb)