Gubernur Jatim Raih Penghargaan Anugerah KASN Tahun 2017

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 29 Desember 2017 | 08:47 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 263


Surabaya InfoPublik - Kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur dibawah kepemimpinan Gubernur, Soekarwo, kembali meraih apresiasi  tinggi dari pemerintah pusat. Apresiasi ditandai dengan pemberian  penghargaan Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2017 kategori Inovasi Penguatan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara Dalam  Pelayanan Assessment Center bagi Instansi Pemerintah.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua KASN, Sofyan Effendi, kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Akhmad Sukardi, mewakili Gubernur Soekarwo pada acara Malam Penganugerahan Penghargaan Pejabat Tinggi Madya Teladan Nasional dan Anugereah KASN Tahun 2017 di Auditorium Prof. Dr. Agus Dwiyanto Kantor Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jl Veteran No. 10 Jakarta, Kamis Malam, (28/12).

Menjawab pertanyaan media, Sekdaprov Jatim, Akhmad Sukardi mengatakan, keberhasilan ini karena keseriusan Pemprov Jatim dalam melaksanakan sistem merit secara konsisten guna mewujudkan ASN yang profesional, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Implementasi sistem merit di Pemprov dan kabupaten/kota di Jatim, lanjut Akhmad Sukardi, salah satunya  mewajibkan assessment bagi seluruh pejabat struktural. Ke depan, guna meningkatkan kualitas ASN secara menyeluruh, seluruh ASN baik struktural maupun non struktural juga akan dilakukan assessment.

“Kami juga menggandeng pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan hal serupa. Jika di kabupaten/kota belum ada tenaga untuk melakukan assessment, kami siap membant dan memfasilitasi," katanya.

Ditambahkannya, penilaian kepada seluruh ASN tersebut terutama  akan lebih diarahkan kepada manajemen karier. Lewat assessment, diharapkan pemerintah memiliki calon-calon potensial untuk menjadi pejabat di masa depan. “Jadi jika ada seleksi terbuka, calon-calon itulah yang akan diajukan” imbuhnya.

Selain Pakde Karwo, dua bupati asal Jatim juga berhasil meraih penghargaan pada malam ini, yakni Bupati Banyuwangi dan Bupati Ngawi. Keduanya berhasil meraih penghargaan Anugerah KASN 2017 dalam kategori “Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi,”jelasnya.

Anugerah KASN

Dalam kesempatan ini, MenPAN RB, Asman Abnur, menjelaskan pemberian anugerah KASN ini sebagai penghargaan kepada instansi yang telah melaksanakan sistem merit dengan berbagai komitmen, inovasi, dan konsisten sehingga ikut mendorong terwujudnya ASN zaman “now”.

ASN zaman “now” adalah ASN yang modern, melek teknologi, profesional, sanggup mengikuti perkembangan jaman, serta mampu bekerja secara cepat, cerdas, dan solutif. Asman optimis, ASN jaman “now” akan membuat bangsa ini lebih maju dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Ke depan, ASN tidak akan kalah dengan pegawai perusahaan korporasi. Ingat, ASN adalah kunci keberhasilan dan motor manajemennya negara” ujarnya.

Dikatakannya,  sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pengisian jabatan pimpinan tinggi dan sistem seleksi ASN secara terbuka, obyektif dan transparan.

“Kompetisi yang terbuka penting dilakukan sebagai manifestasi pelaksanaan merit system, lebih-lebih dalam pengisian Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT),”jelasnya.

Penganugerahan KASN ini, imbuh Arman, juga menjadi motivasi serta mendorong setiap individu pejabat untuk terus menjadi pelopor dalam bidang keahlian profesional, analisis dan rekomendasi kebijakan, serta kepemimpinan manajemen, pengembangan kerja sama dengan instansi lain. Selain itu, juga keteladanan dalam mengamalkan nilai dasar ASN serta melaksanakan kode etik dan kode perilaku ASN.

Bagikan 35 Penghargaan

Dalam kesempatan ini, Ketua  KASN, Sofyan Effendi mengatakan sebanyak 35 penghargaan  diserahkan kepada instansi dan Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT)  yang dinilai komit menerapkan sistem merit. Rinciannya, 9 penghargaan untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Teladan Tingkat Nasional, serta 24 penghargaan Anugerah KASN.

Para pemenang Top 9 Penghargaan PPT Madya Tingkat Nasional Tahun 2017 adalah   Marwanto,   (Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan),  Winarni Monoarfa (Sekdaprov Gorontalo), Sugihardjo (Sekjen Kementerian Perhubungan), Dwi Wahyu Atmaji (Sekretaris Kementerian PANRB), Bambang Rantam Sariwanto (Sekjen Kemenkumham), Untung Suseno Sutarjo (Sekjen Kementerian Kesehatan), Bambang Hendroyono (Sekjen KemenLH dan Kehutanan), Bondan Tiara Sofyan (Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi), dan Arif Rahman Hakim (Sekjen KPU).

Sedangkan 24 pemenang Anugerah KASN Tahun 2017 terbagi dalam dua kategori, pertama Kategori “Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi” yang berhasil diraih oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian BUMN, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Kepegawaian Negara, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.

Kategori kedua adalah “Inovasi Penguatan Penerapan Sistem Merit dalam Manejemen ASN” yang dimenangkan oleh Kementerian Keuangan (inovasi Pengembangan Manajemen Talenta), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (inovasi Pengembangan Instrumen Uji Kompetensi Teknis), Prov DIY (Perintis Pengembangan Sistem Merit secara Berkelanjutan), Prov. Jawa Timur dan Jawa Tengah (Pelayanan Assessment Center bagi Instansi Pemerintah), dan Prov. Kalimantan Timur (Penerapan Uji Publik dalam Pelaksanaan Seleksi Terbuka). (MC Diskominfo Prov Jatim/non-sti/eyv)