Bupati Sijunjung Lantik Lima Wali Nagari

:


Oleh Dinas Kominfo Sijunjung, Jumat, 29 Desember 2017 | 09:05 WIB - Redaktur: Kusnadi - 322


Sijunjung, InfoPublik – Bupati Sijunjung Yuswir Arifin melantik sekaligus pengambilan sumpah jabatan untuk lima Wali Nagari  periode 2017-2023 di tiga Kecamatan Kabupaten Sujunjung, di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro, Kamis (28/12).

Kelima wali Nagari tersebut adalah Asrial Wali Nagari Aie Angek (Kecamatan Sijunjung), Syafri Wali Nagari Kamang dan Nofrizal Wali Nagari Sungai Lansek (Kecamatan Kamang Baru) serta Pendi Yusman Wali Nagari Koto Baru dan Benny Putra Wali Nagari Koto Tuo (Kecamatan IV Nagari).

Turut hadir Ketua DPRD Sijunjung, Wakil Bupati Sijunjung, Forkopimda, Ketua TP.PKK Kabupaten, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian di lingkup Pemkab Sijunjung, Camat, Wali Nagari, Ketua BPN, Ketua KAN, Ketua LPM, Pemuda Nagari, Tokoh Masyarakat Nagari.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada lima wali nagari yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya itu, dan berharap, dengan amanah yang diberikan masyarakat, wali nagari mampu meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, keberadaan wali nagari memiliki peranan penting. Untuk itu, segera mempelajari, memahami dan melaksanakan semua peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang nagari, terutama yang berkaitan dengan tugas, wewenang, kewajiban dan hak wali nagari serta membangun kerjasama dan komunikasi yang sinergis dengan semua komponen,” ujar Bupati.

“Demi mengefektifkan jalannya penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan hingga dapat mewujudkan nagari madani yang maju, jaya, adil dan sejahtera,”  tambah Bupati.

Ia berharap, terkait dengan dana desa yang diterima agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat berdampak pada percepatan perkembangan roda perekonomian masyarakat nagari, dengan tujuan dapat mensejahterakan rakyat dan memajukan nagari, dan mengingatkan, dana desa yang diterima dipergunakan secara transparan, tepat sasaran dan terencana dengan baik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Drs.Syukri, MM mengatakan Pilwana serentak sehingga terpilihnya para walinagari itu berjalan sukses dan lancar.

“Siapa yang menjadi walinagari periode 2018-2023 pun sudah jelas. Sebut saja, di Nagari Aie Angek, Kecamatan Sijunjung, jumlah DPT 2.321 orang dan surat sah hanya 1.621. Dari Pilwana Aie Angek tersebut, Asrial mendulang 822 suara,” ujarnya.

“Sedangkan pada Pilwana di Nagari Kamang, Kecamatan Kamangbaru, Syafri berhasil mendulang 2.415 suara, sementara Pilwana di Nagari Sungailansek, Kecamatan Kamangbaru, diikuti  5 calon yang memperebutkan 3.635 DPT di 12 TPS. Nofrizal berhasil memenangkan Pilwana Sungailansek dengan 1.321 suara. Pilwana di Kecamatan IV Nagari, di Nagari Koto Baru dengan DPT 1979 suara dengan 3 calon juga berhasil melaksanakan Pilwana. Pendi Yusman hanya memperoleh 729 suara. Sementara di kecamatan yang sama di Nagari Koto Tuo, Benny Putra berhasil memenangkan Pilwana dengan dukungan 348 suara,” ucapnya.

Sukri mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah ikut serta dalam menyukseskan Pilwana serentak untuk memilih para walinagari periode tahun 2018-2023 itu. (Dicko/Noven/Rio-kominfo)@sijunjung.go.id/Kus)