BMKG Kalianget Minta Warga Waspadai Angin dan Gelombang Tinggi

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 28 Desember 2017 | 16:19 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 705


Sumenep, InfoPublik -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget Kabupaten Sumenep minta agar warga masyarakat yang tengah berlibur untuk mewaspadai cuaca ekstrem, khususnya menjelang pergantian Tahun Baru 2018. Karena berdasarkan prakiraan cuaca, saat ini masih tetap ada potensi hujan.

Forkester BMKG Kalianget Sumenep, Brian Estrada, Kamis (28/12) mengungkapkan pada perayaan Natal dan menjelang Tahun Baru, cuaca masih ekstream, bahkan ketinggian gelombang untuk daerah kepulauan berkisar 2 hingga 2,5 meter.

“Kondisi ini perlu diwaspadai oleh sejumlah pelayaran, utamanya para nelayan yang menggunakan kapal kecil untuk selalu disesuaikan dengan pihak Syahbandar di pelabuhan terdekat,”ungkapnya.

Menurutnya, kecepatan angin juga cukup tinggi, berkisar antara 8 hingga 9 kilometer per-jam, dari arah barat, sehingga disarankan untuk nelayan tidak melaut, bahkan BMKG akan terus merilis dan meng-update kondisi cuaca terkini di setiap pelabuhan, serta di berbagai media informasi, seperti Whatsapp maupun Instagram BMKG Kalianget Sumenep.

Jadi, tegas Brian, jika masyarakat ingin berlibur, perlu terus meningkatkan kewaspadaannya, serta terus meng-update data cuaca terkini dari BMKG, sehingga bisa mengetahui soal kondisi cuaca setiap hari melalui berbagai media komunikasi dan informasi yang dimiliki.

“Setidaknya, dengan terus meng-update informasi seputar cuaca, tentunya akan semakin meningkatkan kewaspadaan masyarakat,”tambahnya. ( Ren/Esha/Fer )