Bupati Dan Sastrawan Meriahkan Konser Puisi Musik

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 28 Desember 2017 | 15:09 WIB - Redaktur: Tobari - 370


Sumenep, InfoPublik -  Sebanyak 20 sastrawan Kabupaten Sumenep dan luar Pulau Madura menyemarakan Konser Puisi Musik dalam rangka menyongsong Kunjungan Wisata Sumenep 2018. 

Pagelaran Puisi Musik bersama Ruang Seni Kalonta Sumenep itu, berlangsung di depan Labeng Mesem Keraton Sumenep, Rabu (27/12) malam, dan dihadiri secara langsung oleh Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si.

Bahkan Bupati juga berpartisipasi membaca sebuah puisi karyanya sendiri yang berjudul Tuhan, meski puisi Bupati hasil coretan dalam perjalanan dari Kecamatan Dungkek menuju Kecamatan Kota Sumenep, namun mendapat aspresiasi dari ratusan pengunjung di lokasi pentas seni dan budaya itu.

Selain itu, sastrawan yang tampil juga membawakan puisi dan musikalisasi puisi hasil karyanya sendiri, di antaranya Ibnu Hajar, Hidayat Raharja, Turmidzi Jaka dan penyair lainnya, penampilan 20 sastrawan itu sangat memukau penonton.

Bupati mengatakan, selama kepemimpinannya telah memberikan ruang bagi seniman, sastrawan dan budayawan, untuk menampilkan karya karyanya yang bernilai. Itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah kepada pegiat seni dan budaya, termasuk masyarakat pecinta dan penikmat seni dan budaya.

“Saya memang memiliki perhatian kepada seniman, sastrawan dan budayawan Sumenep, agar meraka tetap eksis di dunianya, sekaligus bisa menampilkan hasil karyanya kepada masyarakat, karena melalui kegiatan puisi juga bisa memperkenalkan potensi Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luar daerah,”tegas Bupati .

Bupati mengakui Kabupaten Sumenep memiliki potensi luar biasa dalam dunia sastra, buktinya banyak sastrawan Sumenep yang sudah memiliki nama besar di Indonesia, bahkan dunia, salah satunya D. Zawawi Imron.

“Saya optimis, dengan adanya ruang bagi sastrawan, seniman dan budayawan menampilkan karyanya, pasti lahir sastarawan muda Sumenep sebagai regenerasi sastrawan di masa mendatang,”tuturnya.

Panitia penyelenggara Turmidzi Jaka mengungkapkan, pihaknya menggelar Konser Puisi Musik ini sebagai upaya menyambut Kunjungan Wisata Sumenep 2018, juga untuk merangsang para remaja, agar semakin mencitai dunia menulis puisi.

“Konser itu sebagai tempat bagi sastrawan Sumenep untuk menampilkan karyanya, sekaligus untuk merangsang penulis muda, khususnya pelajar agar semakin tekun menulis puisi, karena kami pelaku sastra menyiapkan ruang untuk menampilkan karya-karya ke masyarakat,”imbuhnya.

Turmidzi Jaka menyatakan, sastrawan di sumenep memiliki agenda pertemuan setiap bulan pada hari Minggu Kliwon, tujuannya saling berbagi ilmu dan berdiskusi bersama. Untuk itu, pihaknya berencana agar pagelaran Konser Puisi Musik ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun.

“Kami ingin kegiatan itu jadi agenda tahunan dan kami berharap dukungan pihak terkait terus berlanjut di tahun selanjutnya, karena sangat mendukung untuk merangsang sastrawan muda, agar semakin giat menulis puisi dan menampilkan karyanya,” katanya.

Sementara itu pendukung acara Konser Puisi Musik, yakni Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep H. Edi Rasyiadi, menambahkan, pihaknya sengaja mendukung pagelaran itu untuk memberikan dukungan kepada sastrawan Sumenep, agar terus berkarya demi mengharumkan Kabupaten Sumenep, dan mempromosikan Sumenep kepada masyarakat luar daerah.

“Kami pasti mendukung kegiatan sastrawan Sumenep, karena hal itu bagian kepedulian kami untuk masyarakat Sumenep. Kalau memang pagelaran Konser Puisi Musik mendapat apresiasi, baik satrawan dan masyarakat, tentu kami agendakan tahun mendatang,”katanya. ( Yasik/Esha/Fer/toeb)