Rumah Tenun Balai Panjang Payakumbuh Siap Produksi Pakaian Jadi

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Kamis, 28 Desember 2017 | 10:52 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 502


Payakumbuh, InfoPublik – Rumah Tenun Balai Panjang Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) siap memproduksi pakaian jadi.

"Rumah Tenun Balai Panjang di masa yang akan datang tidak hanya memproduksi tenun konvensional akan tetapi pakaian siap pakai," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Payakumbuh Henny Yusnita saat dihubungi, Sabtu (23/12).

Menurut Henny, usaha mikro ini juga harus diberikan pembinaan di samping disiapkan tempat yang layak sehingga produknya dapat menembus pasar nasional bahkan global.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dan Tokoh Masyarakat Limbukan yang telah memberikan perhatian terhadap rumah tenun itu sehingga dapat didirikan bangunan yang layak.

"Terima Kasih kepada Pemkot Payakumbuh, tokoh masyarakat, serta niniak mamak (tokoh adat) Limbukan yang telah mendukung berdirinya Rumah Tenun ini," kata dia.

Henny menyebutkan nama Tenun Balai Panjang telah menjadi identitas tersendiri bagi Kota Payakumbuh, sebab sebelumnya hasil tenunannya dipasarkan sebagai tenunan Pandai Sikek Padang Panjang.

Ia menambahkan, setelah diberi identitas, dipromosikan, diberi rumah produksi dan galeri, maka para pengrajin masih menaruh harapan yang kepada pemerintah, salah satunya modal usaha karena menggeluti usaha tersebut butuh biaya yang relatif besar.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Faizal mengatakan Rumah Tenun dibangun dua lantai diatas tanah seluas 600m2

"Bangunan ini menelan biaya sekitar Rp1.6 miliar," kata dia.

Selain tempat produksi tenun, tambah Faizal, di Rumah Tenun tersedia ruang pamer hasil produksinya.

“Masyarakat umum dapat menyaksikan langsung proses pembuatan tenun sekaligus membeli produknya,” (MC Diskominfo Prov Sumbar/(Antara Sumbar/elvira)