Limbah Ikan Kenjeran Berhasil Dijadikan Pakan Ikan Nilai Jual Ekonomis

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 27 Desember 2017 | 08:23 WIB - Redaktur: Kusnadi - 220


Surabaya, InfoPublik - Tim peneliti dari Departemen Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil mengolah limbah ikan menjadi pakan ikan berprotein tinggi dan bernilai jual ekonomis. Penelitian ini berpotensi meningkatkan produksi ternak ikan serta mengurangi pencemaran lingkungan.

Penelitian yang diinisiasi oleh Dr Awik Puji Dyah Nurhayati SSi MSi itu ternyata mampu menyulap limbah ikan pengasapan di daerah Kenjeran, Surabaya menjadi pelet ikan berprotein tinggi.

Riset yang digawangi Awik bersama dua rekan dosen lainnya, yakni Dr rer nat Edwin Setiawan MSc dan Dr Dewi Hidayati MSi, ini dimulai sejak tahun 2012 sebagai program pengabdian masyarakat bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITS.

Menurut Awik, selama ini limbah tangkapan ikan tidak memiliki nilai jual. Jika dibiarkan menumpuk, limbah ini akan menyebabkan pencemaran organik, bau, dan mengurangi nilai estetika lingkungan sekitarnya. Untuk mengatasi masalah itulah, Awik mencoba merekayasa limbah tersebut di Laboratorium Zoologi dan Rekayasa Hewan di Departemen Biologi ITS. Produknya ini kemudian ia sebut Zuper Food Fish (Z-Fosh).

Bayu Laksono Putra, salah satu mahasiswa anggota penelitian, mengungkapkan bahwa limbah ikan yang dibuang ke laut dapat menyebabkan pencemaran dan merusak ekosistem. Bagian-bagian yang biasa dibuang adalah insang, ekor, dan jeroan. “Padahal itu kan kaya protein dan dapat diolah menjadi pakan ikan bergizi serta bernilai ekonomis,” ujarnya, Jumat (22/12).

Dalam penelitian ini, jelas Bayu, tim Z-Fosh juga menggunakan limbah hasil pengasapan ikan, keong sawah, dedak, tepung tapioka, vitamin konsentrat, daun pepaya, dan ragi tempe. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Hanya dengan melumatkan dan mencampur adonan, setelah itu mencetak bentuk pelet. “Cetakan tersebut kemudian dikeringkan supaya tahan lama,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bayu memaparkan, limbah ikan harus direbus dan dipisahkan lemaknya, setelah itu dikeringkan di oven. Sementara keong sawah harus dicuci dulu, kemudian dikukus dan dipisahkan dari cangkangnya. “Ini tujuannya mengurangi zat beracun dan patogen, serta mengontrol kandungan senyawa aflatoksin agar tidak lebih dari 50 ppm,” terang Bayu lagi.

Diungkapkan Bayu, pelet ikan Z-Fosh kini telah diterapkan sebagai pakan ikan lele dumbo. Lele dumbo dikenal memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat dibanding ikan lain. Produk Z-Fosh dijual seharga Rp 13.000 per kilogram. Produk ini jauh lebih murah daripada harga pakan lain di pasaran.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-mad/Kus)