Kabupaten Banjar Terima Bantuan Mesin Panen

:


Oleh MC Banjar, Selasa, 26 Desember 2017 | 08:45 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 747


Martapura, infoPublik - Para petani di Kabupaten Banjar bolehlah bersenang hati, karena mendapat bantuan sejumlah alat mesin pertanian dari Menteri Pertanian RI. Selain mendapat dua unit mini excavator, juga memperoleh mesin panen berupa Combine Harvester Besar (CHB) sebanyak tiga unit.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Banjar, M. Fachry menjelaskan, bahwa excavator yang diterima adalah jenis PC-45, sedangkan combine harvester jenis besar yang mampu melakukan panen hanya dua jam untuk satu hectare padi.

“Panen bisa dilakukan dengan mudah dengan alat ini, dan petani bisa menerima hasil panen di rumah dan melakukan proses selanjutnya yakni penjemuran gabah,” jelas Fachry, usai apel di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu.

Ditambahkan, bahwa dari tiga unit combine harvester yang diterima, satu unit akan diserahkan pengelolaannya kepada kelompok tani, sedangkan dua lainnya dikelola oleh Dinas TPH Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman yang menerima alsintan tersebut juga tampak sangat senang. Didampingi Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Sekretaris Daerah H Nasrunsyah beliau melakukan prosesi tampung tawar pada alat yang baru diterima tersebut. “Semoga alat pertanian yang kita terima ini, bisa bermanfaat besar bagi para petani kita,”tuturnya.

H Khalilurrahman yakin, pertanian dan perkebunan di Kabupaten Banjar bisa meningkat, apalagi daerah yang dipimpinnya identic dengan sebutan kinday limpuar yang artinya sebagai lumbung padi bagi Provinsi Kalimantan Selatan. (MC-Kab.Banjar/yani/dani/eyv)