Kwarcab Sumenep Gelar Workshop Pemandu Wisata Pramuka

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Senin, 25 Desember 2017 | 19:47 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 555


Sumenep, Infopublik - Sebanyak 50 Pramuka Penegak dan Pandega putra dan putri di Kabupaten Sumenep mengikuti kegiatan Workshop Pemandu Wisata Pramuka 2017 yang diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumenep di Sanggar Kegiatan Daerah (SKD) Batuan Sumenep mulai 25-27 Desember 2017.

Ketua Kwarcab Sumenep, Moh Shadik pada pembukaan workshop , Senin (25/12) mengungkapkan, Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda yang senantiasa mengembangkan pendidikan dan pembinaan watak serta keterampilan seperti kegiatan Workshop Pemandu Wisata Pramuka 2017 ini diharapkan dapat menciptakan kader-kader pembangunan bangsa yang berwawasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dengan dilandasi Iman dan Taqwa (Imtaq) serta Kepribadian Pancasila.

"Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki tentunya nanti akan berguna di kemudian hari," ungkapnya.

Apalagi pengetahuan dan keterampilan menjadi seorang pemandu wisata di Kabupaten Sumenep ini pada tahun mendatang menjadi signifikan sebab relevan dengan pencanangan Visit Sumenep 2018.

Sehingga, peran adik-adik untuk ambil bagian dalam mensukseskan Program Visit Sumenep 2018 akan memberikan nilai positif bagi pemerintah Kabupaten Sumenep.

Dikatakan, Ketua Kwarcab Sumenep yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep ini, jika memasuki Tahun Emas ini Pramuka harus mampu menciptakan kader-kader yang kreatif, inovatif, serta berintelektual yang tinggi guna menunjukkan eksistensi Gerakan Pramuka yang bertanggungjawab.

Karena itu dengan kegiatan workshop pemandu wisata ini para peserta akan menjadi pemandu wisata yang sesuai dengan jiwa dan semangat gerakan pramuka.

Selain mendapatkan materi kepariwisataan para peserta workshop pemandu wisata juga akan mendapatkan materi diving atau brigade penolong sehingga pada akhirnya para peserta tidak saja memiliki pengetahuan kepariwisataan, akan tetapi memiliki pengetahuan memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dan penanggulangan bencana, dalam Gerakan Pramuka dikenal dengan nama Brigade Penolong.

"Saya berharap hendaknya para peserta Workshop Pemandu Wisata Pramuka 2017 Kwarcab Sumenep ini bisa mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya akan menjadi bekal pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang pariwisata," tambahnya. (Ren/Fer)