Jakarta, InfoPublik - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiagakan Pasukan Oranye atau petugas sampah di pintu-pintu air serta saringan sampah yang tersebar di wilayah ibu kota.

"Selama musim hujan ini, kami terus siagakan petugas atau pasukan oranye di pintu-pintu air dan saringan sampah," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin (18/12).

Kepada antaranews.com, Isnawa Adji mengatakan pasukan oranye tersebut disiagakan untuk penanganan masalah sampah di lokasi-lokasi tersebut dapat dilakukan lebih cepat.

"Ketika musim hujan, banyak sekali sampah yang terbawa dari arah hulu. Sampah itu harus segera diangkut supaya air dapat mengalir dengan lancar, tidak terhambat oleh sampah," ujar Isnawa.

Dia menuturkan sampah yang terbawa bersama dengan aliran air dapat menghambat aliran air itu sendiri, sehingga harus cepat diantisipasi dengan mengangkut sampah.

"Kalau tidak segera diangkut, maka volume sampah itu akan terus meningkat, dan sampah itu kerap tersangkut di pintu air. Oleh karena itu, harus cepat-cepat diantisipasi," tutur Isnawa.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pada hari-hari biasa, volume sampah hanya sebanyak 300 ton per hari. Namun pada musim hujan, volume sampah mengalami peningkatan menjadi 400 ton per hari.

"Selain sampah, selama berlangsungnya musim hujan juga banyak sekali batang pohon yang kerap tersangkut di pintu air maupun saringan sampah. Makanya, kami siagakan pasukan oranye di lokasi-lokasi itu," ungkap Isnawa.