Seorang Ibu Harus Lebih Maju Menggunakan Teknologi

:


Oleh Yudi Rahmat, Minggu, 17 Desember 2017 | 19:12 WIB - Redaktur: Juli - 705


Jakarta, InfoPublik - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan seorang ibu memegang peranan penting dalam konteks digital atau konteks konten.

Menurutnya karena di rumah ibu lah yang paling banyak berinteraksi dengan anak-anak. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari peran ibu dalam pendidikan anak dalam rumah.

“Bangsa ini ke depannya mau jadi seperti apa banyak bergantungnya kepada ibu karena memang banyak berkaitan dengan pendidikan anak-anak khususnya di rumah” tuturnya, dalam Diskusi Publik Peringatan Hari Ibu 2017 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Sabtu (16/12).

Dalam acara bertema “Ibu Cerdas di Era Digital” itu, Menteri Kominfo menekankan perlunya pendampingan dari orang tua kepada anak-anak saat bermain dengan digital.

“Ibu-ibu harus lebih maju dalam menggunakan teknologi. Kalau tanpa pendampingan dari orang tua, itu akan bisa menjadi negatif pada pertumbuhan anak itu sendiri,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, menkominfo bicara tentang peranan wanita, yang menurutnya mempunyai tempat istimewa dan harus dihormati.

Menkominfo mencontohkan seperti seorang wanita bernama Sarinah yang dihormati dan dikagumi oleh Bung Karno. Sarinah adalah pengasuh dari Bung Karno ketika tinggal di Tulungagung yang banyak mengajari berbagai macam hal dalam kehidupan.

Menkominfo  mengutip dari buku Bung Karno bagaimana saat kecil diajari oleh sarinah menghormati wanita khususnya ibunya. 

"Beliau katakan Karno pertama engkau harus mencintai ibumu kemudian engkau harus menghormati rakyat jelata dan engkau harus mencintai  manusia umumnya. Itu yang diajarkan Sarinah, dan itu tertanam di benak Bung Karno sehingga pada saat menulis buku tentang Sarinah Bung Karno mengatakan, buku ini sebagai tanda terima kasih kepada pengasuh saya (Bung Karno), dan ketika saya masih masik anak-anak. Pengasuh saya namanya Sarinah dan ia adalah mbok saya membantu ibu saya dari dia saya banyak menerima rasa cinta dan rasa kasih dan dari dia saya mendapatkan pelajaran dari orang kecil dia sendiri pun orang kecil tapi budinya terlalu besar, moga-moga tuhan membalasnya," kata Menkominfo mengutip.

Acara “Ibu Cerdas di Era Digital” merupakan kerja sama Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo dengan LPER (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat), KKB (Kebaya Kopi Buku), Gerakan Kopi Persahabatan, Komunitas Tata Kelola Internet (ID-IDF), Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, dan pemangku kepentingan lainnya.

Selain Menkominfo Rudiantara sebagai pembicara kunci, ada pembicara lain yaitu Marsha Tengker, Shafiq Pontoh, dan Tantri Relatami.