Pemko Palangka Raya Gandeng UI Adakan Seminar Pemindahan Ibukota Pemerintahan RI

:


Oleh MC Kota Palangka Raya, Kamis, 14 Desember 2017 | 08:33 WIB - Redaktur: Kusnadi - 598


Palangka Raya, InfoPublik -  Sesuai press rilis yang dikirim oleh panitia seminar nasional kepada mediacenter@palangkaraya.go.id bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) akan menggelar seminar nasional pemindahan ibukota Pemerintahan Republik Indonesia (RI).

Seminar ini digelar sebagai upaya persiapan Pemerintah Kota Palangka Raya menghadapi program pemindahan Ibukota RI ke Kalimantan Tengah.

Rencananya seminar bertemakan 'PEMINDAHAN IBUKOTA NEGARA, PENGARUH KEBIJAKAN DAN MASA DEPAN INDONESIA' ini akan dilaksanakan Jumat, 15 Desember 2017 di Swissbel Hotel Danum Palangka Raya.

Rencananya, dalam seminar ini akan menghadirkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Prof DR Bambang P.S. Brodjonegoro.

Selain itu dalam seminar ini akan digelar diskusi panel dengan nara sumber Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Walikota Palangka Raya Riban Satia dan Ahli Arsitektur Perkotaan Universitas Indonesia Ir Antony Sihombing MPD, Ph.D.

Diskusi dalam seminar ini akan dipimpin Prof DR Danes Jaya Negara M.Sc, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Universitas Palangka Raya.  

Sebagai tuan rumah penyelenggara seminar, Pemerintah Kota Palangka Raya juga mengundang pemakalah dari seluruh Indonesia untuk memberikan 
kontribusi pemikiran terkait pemindahan ibukota dalam bentuk kajian.

Nantinya ada 13 makalah terbaik akan dipresentasikan dalam sesi paralel. Makalah tersebut telah melalui proses seleksi sejak September 2017.

Adapun tema makalah mencakup tema tersebut terkait perancangan perkotaan ibukota negara, kajian transportasi ibukota negara, tata ibu kota ditinjau dari permukiman, ekonomi perkotaan dan prediksi perekonomian ibukota, potensi dan pengembangan pariwisata, serta tema lainnya yang relevan dengan tema pemindahan ibukota negara.

Melalui acara ini diharapkan menjadi wadah diskusi Publik terhadap wacana pemindahan ibukota Pemerintahan RI ke Provinsi Kalimantan Tengah serta pengaruh kebijakan pemerintah terhadap daerah dan masa depan Indonesia. 

Kajian optimasi wilayah pemindahan ibukota negara diharapkan akan terhimpun melalui seminar nasional ini. Dengan demikian masyarakat akan 
memperoleh pemahaman terhadap pengaruh dari kebijakan sebelum dan setelah diberlakukannya pemindahan dengan mengacu pada kajian akademis. 
Informasi lebih lanjut bisa menghubungi panitia seminar nasional ke alamat website http://semnas-palangkaraya.org/web/. (MC. Isen Mulang/Kus)