Investor Jepang Bakal Olah Jerami Padi Jadi Bio Ethanol

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 13 Desember 2017 | 05:16 WIB - Redaktur: Tobari - 522


Bone Bolango, InfoPublik – Investor Jepang dan Kawasaki melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma, bertempat di ruang kerja Sekda, Selasa (12/12).

Sekda Ishak Ntoma mengatakan pertemuan itu, salah satunya membicarakan terkait pengolahan dan pemanfaatan potensi jerami padi yang dihasilkan oleh para petani sawah padi di Kabupaten Bone Bolango. 

“Jerami padi ini nantinya akan ditransfer teknologi untuk dimanfaatkan dan diolah menjadi bio ethanol, yang bisa digunakan untuk campuran bahan bakar kendaraan bermotor,” kata Sekda Ishak Ntoma.

Sekda yang didampingi Kepala Bappeda-Litbang Iwan Mustapa, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Roswati Agus, dan Kepala Bagian TUPD Andrian Andjar menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, rencana untuk mengelola jerami padi ini seirama dengan potensi sumber daya alam (SDA) Bone Bolango.

Kabupaten Bone Bolango, disebut Sekda, memiliki potensi SDA terutama sawah hampir 2.000 hektare. Tentu ini butuh pengelolaan yang lebih baik. ”Pemkab Bone Bolango, tentunya terus membuka ruang untuk investor,” katanya.

Sekda mengungkapkan beberapa investor yang melakukan pertemuan dengannya itu, antara lain Shinsuke Yazaki (Steel, Materials and Plant Planning Office, Kanematsu Corporation), Jimmi Ozawa (Assistant Manager Chemical Plant Sales Section Overseas Sales Department Plant and Infrastructure Company, Kawasaki). 

Selanjutnya, Noriaki Izumi Project Manager Section 2,  Chemical Plant Department Industrial Plant Engineering Division Plant and Infrastructure Company, Kawasaki, dan Shingo Maeno, Ph.D Chief Ph.D (Bioresource Sciences) Global Environment and Energy Consulting Dept., Chugai Technos Corporation. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)