Pengungsi Banjir di Pacitan Sudah Kembali Ke Rumah, Bantuan Masih Bergulir

:


Oleh Baheramsyah, Rabu, 13 Desember 2017 | 13:08 WIB - Redaktur: Juli - 569


Pacitan, InfoPublik – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (DisKominfo) Kabupaten Pacitan Widy Sumardji mengatakan, meskipun para pengungsi korban banjir  dan longsor di Kabupaten Pacitan telah pulang semua ke rumah masing masing, sehingga tidak ada lagi yang tinggal di pengungsian.

“Namun Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan masih tetap memerlukan bantuan berupa makanan, peralatan masak, dan peralatan tidur seperti selimut,” ungkap Widy di Pacitan, Selasa (12/12).

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Pihak Pemda bekerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta. Seperti yang dilakukan oleh Humanity Food Truck ACT yang setiap hari menyediakan makanan untuk para pengungsi.

Koordinator Aksi Emergency Response ACT untuk banjir Pacitan Lukman Solehudin mengatakan, armada Humanity Food Truck terparkir di halaman masjid Agung Pacitan, sebelah barat alun-alun Pacitan. Setiap hari, mobil truk spesial, penuh dengan peralatan dapur modern itu tak henti memasak. Ada 1000 porsi makanan yang diolah langsung dari dapur Humanity Food Truck ACT untuk dibagikan kepada warga terdampak banjir Pacitan.

Sejak masa tanggap darurat pun Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah terjun langsung berjibaku membantu warga Pacitan. Kini banjir telah mereda, jalan-jalan yang tertutup longsor mulai dibenahi.

Memasuki fase pemulihan, ACT turut menyumbang kepedulian dengan berbagi 1000 kotak makanan bergizi kepada warga Pacitan, setiap harinya dimulai sejak Rabu (6/12) lalu.

Tanpa menunggu lama, hari itu juga kendaraan besar berisi dapur modern tersebut langsung beroperasi. “Puluhan relawan ikut membantu chef yang memasak langsung di dapur truk ini. Seluruh peralatan memasak modern membantu mempercepat proses masak ribuan porsi sehari,” katanya.

Lukman juga menambahkan, Insya Allah sampai dampak banjir kembali pulih, tim ACT masih akan berada di lokasi terdampak banjir. Melanjutkan fase pemulihan dengan aksi pelayanan kesehatan, aksi distribusi logistik dan trauma healing.

“Sejak kemarin, Senin (11/12) Tim dokter ACT sudah tiba di Pacitan. Aksi pemulihan bakal berlanjut dengan pelayanan kesehatan gratis ke desa-desa terdampak banjir paling parah,” ujar Lukman

Sebelumnya, beberapa hari sebelum tiba di Pacitan, Humanity Food Truck punya agenda sambangi beberapa lokasi terdampak banjir dan longsor di Provinsi DIY, meliputi Kulon Progo, Gunung Kidul dan Bantul.