Sebanyak 427.029 Bayi di Jatim Ikuti Imunisasi Difteri

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 12 Desember 2017 | 17:56 WIB - Redaktur: Tobari - 813


Surabaya, InfoPublik – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur menyatakan, hingga Oktober 2017 sebanyak 427.029 bayi dari total keseluruhan bayi sebanyak 588.131 sudah mengikuti imunisasi Difteri Pertusis Tetanus (DPT) lengkap tiga kali.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Jatim Ansarul Fahrudda mengatakan, jumlah tersebut setara dengan sebanyak 72,6% bayi sudah diimunisasi. Sebelumnya, Dinkes Jatim menargetkan 90% bayi di Jatim mengikuti imunisasi.

“Kami mengimbau para orang tua mengajak putra-putrinya untuk mendapatkan imunisasi dan memastikan telah diimunisasi secara lengkap. Bila ada yang belum lengkap, juga segera ke Puskesmas, imunisasi difteri lengkap 7 dosis,” tuturnya, Selasa (12/12).

Lebih lanjut, ia mengimbau agar masyarakat segera membawa keluarga atau tetangga yang mengalami gejala difteri ke fasilitas kesehatan terdekat baik rumah sakit maupun Puskesmas. Penanganan yang cepat turut menghindarkan korban dari kemungkinan risiko kematian.

“Bila termasuk kontak erat dari penderita difteri, maka harus minum obat profikasis secara teratur dan lengkap sesuai dosis, tidak boleh drop out minum obat,” kata Ansarul.

Hingga saat ini,terdapat empat pasien difteri yang dirawat di RSUD Dr Soetomo, seluruhnya masih berusia di bawah 15 tahun. Meski seluruh pasien difteri dalam kondisi cukup baik, tetap belumdiperkenankan pulang. Pasien Difteri harus dipastikan sembuh untuk menghindari potensi penularan. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/toeb)