Pemkab Sumbawa Gelar SINERGI 2017

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Selasa, 12 Desember 2017 | 11:16 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Sumbawa Besar, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik berkolaburasi dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menggelar acara SINERGI (Seminar Inovasi dan Pameran Teknologi Informasi) 2017 di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (9/12/2017).  

“Sejak beberapa tahun terakhir ini, Kabupaten Sumbawa sangat masif  menerapkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. berbagai sistem informasi dibangun untuk mendukung kinerja organisasi perangkat daerah dalam memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien dan transparan kepada masyarakat,” papar Sekda Drs. H. Rasyidi mewakili Bupati Sumbawa pada acara pembukaan seminar.

Disampaikan, Kabupaten Sumbawa juga memiliki potensi sumber daya yang besar, seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan. Namun potensi ini belum dikelola secara optimal.

“Beberapa pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) mencoba menggali potensi tersebut, tetapi belum menghasilkan output yang maksimal, mengingat sebagian pengelolaan dan pemasarannya masih bersifat konvensional,” lanjut Sekda.

Untuk itulah, Seminar Teknologi Informasi yang bertajuk “Menjalin Sinergi Menuju Sumbawa Smart City” ini, diharapkan mampu menjadi salah satu solusi percepatan upaya mengoptimalkan produksi daerah yang bertumpu pada pengembangan potensi lokal.

“Tentu kami berharap, tidak sampai hanya sebatas seminar saja, namun juga akan ditindaklanjuti dengan langkah konkrit oleh perangkat-perangkat daerah di Kabupaten Sumbawa,” tegas Sekda.

Sekda mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi menunjukkan perkembangan yang membanggakan. “Dari laporan panitia sekitar 20-an peserta yang mengikuti lomba pembuatan aplikasi e-government yang berbasis Android, ini membanggakan kita semua” ujar Sekda.

Hal ini menunjukkan bahwa teknologi informasi telah mendorong anak muda kita atau dalam bahasa gaulnya “generasi sumbawa zaman now” untuk berkreasi digital menciptakan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat, tambah Haji Rasyidi sapaan akrab Sekda Sumbawa.

“Untuk itu kepada para kreator digital yang dinyatakan sebagai pemenang, saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan Selamat dan jangan berhenti berkarya untuk Sumbawa, NTB dan Indonesia. Bagi yang belum beruntung, yakinlah bahwa Anda telah menjadi bagian dari kemenangan itu sendiri dan bagian dari pengembangan inovasi daerah dibidang teknologi informasi,” pungkas Sekda.

Sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa Ir. H. Ibrahim, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan antara lain pertama, memberikan gambaran konsep dan strategi implementasi e-government, kedua, mengindentifikasi potensi unggulan kabupaten sumbawa dan strategi pemasarannya, ketiga, sebagai wahana konsolidasi pra Penyusunan Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (RITIK) Kabupaten Sumbawa 2018-2023 dan blueprint Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Sumbawa 2018-2023.

Seminar TI pada SINERGI 2017 kali ini menghadirkan Yudho Giri Sucahyo, PH.D, CISA, CISM, Pakar Teknologi Informasi, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan Fajrin Rasyid, Chief Financial Officer BukaLapak.com  diikuti oleh 300-an peserta dari kalangan birokrasi, pengusaha, BUMN/BUMD, pegiat TI, mahasiswa dan pelajar. (ra/mckabsumbawa/Kus)