2018, Dinas Pendidikan Merauke Fokus Benahi Pendidikan Di Ngguti

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Senin, 11 Desember 2017 | 12:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 741


Merauke, InfoPublik-  Melihat  beragam persoalan yang terjadi di Distrik Ngguti, sehingga berdampak pada kondisi pendidikan di wilayah itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke akan fokus membenahi pendidikan di wilayah tersebut pada 2018 mendatang.

Pembenahan tersebut dilakukan dengan cara memperbaiki sejumlah fasilitas dan juga memberikan sarana dan prasarana kepada guru berupa rumah dan sepeda motor.

“Tahun depan  perhatian kita agak full ke Distrik Ngguti dulu, karena memang keadaan disana sangat sulit mulai dari transportasi, sarana prasana juga kurang mendukung,”  kata Kepala Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze ketika ditemui wartawan di RRI Merauke, Jumat (8/12).

Menurutnya, sarana yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan mutu pendidikkan di Distrik Ngguti adalah dengan membangun perumahan bagi guru. Sebab selama ini para guru yang bertugas di distrik itu masih mengeluhkan minimnya  ketersediaan rumah tinggal.

Hal inilah yang selalu menjadi alasan para guru kerap meninggalkan tempat tugas.  Diharapkan dengan adanya perhatian ini masalah pendidikan di sana pelan-pelan segera teratasi.

“Kita juga sudah anggarkan untuk pengadaan motor dan jumlahnya ada 16 unit, nanti setiap sekolah diberikan dua unit saja,” katanya.

Lanjut dia, pengadaan sepeda motor penting untuk diberikan mengingat sarana transportasi ke wilayah itu sangat sulit. Persoalan ini diperburuk dengan kondisi jalan yang sudah rusak parah. Sehingga transportasi yang bisa digunakan hanya sepeda motor.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan beberapa SKPD yang terkait dalam bidang pembangunan supaya bisa memperhatikan ruas jalan dan jembatan kesana,” ungkapnya.

Felix menambahkan, 16 sepeda motor ini akan diserahkan dalam waktu dekat. Karena saat ini pihaknya sedang memproses pengadaan belasan unit kendaraan ini.

“Sementara diproses di diler. Palingan sebentar lagi keluar dan langsung diserahkan,” pungkasnya. (McMrk/02/ngr/eyv)