Merauke, InfoPublik-Kabupaten Merauke merupakan salah satu kabupaten yang dicanangkan sebagai lumbung pangan nasional. Namun, dari tahun ke tahun yang menjadi kendala adalah masalah pupuk dan irigasi.

Terkait hal itu, Anggota Komisi IV DPR RI, H Sulaeman L Hamzah mengatakan seharusnya dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua bisa melakukan reditribusi dari daerah, sehingga stok pupuknya banyak ke daerah-daerah yang mengalami kekurangan pupuk.

“Dari penjelasan pihak pupuk kalau alokasi pupuk terbatas karena terjadi perubahan, sehingga berkurang stok alokasi pupuk ke daerah. Saya masih melacak sampai terpenuhi pupuk di Kabupaten Merauke,” ujarnya kepada wartawan di Swiss-bel Hotel, Selasa (5/12).

Ia juga meminta agar Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua dan Kabupaten untuk segera mengusulkan ke pusat untuk pembangunan irigasi sekala besar, karena sampai saat ini Kabupaten Merauke masih bergantung dengan hujan.

Diharapkan adanya irigasi permanen yang dibuat, untuk menyalurkan sungai-sungai besar ke daerah pertanian sehingga dipastikan harapan petani dapat terjawab baik irigasi maupun  pupuk sehingga panen lebih maksimal.

“Saya harapkan semua pihak terkait dapat bersinergi untuk mendukung pembangunan tanaman pangan dan holtikultura baik di provinsi maupun di kabupaten atau kota. Diharapkan juga kepala dinas dapat melakukan perubahan atau inovasi di daerah masing-masing ,” ujarnya.(McMrk/03/Eyv)