KPHP Mukomuko Bagikan Bibit Kepada Kelompok Tani Hutan

:


Oleh Diskominfo kab mukomuko, Sabtu, 9 Desember 2017 | 22:12 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 2K


Mukomuko, Infopublik - Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengrlola Hutan Produksi (UPT KPHP) Mukomuko, Provinsi Bengkulu akan membagikan bibit tanaman hutan bernilai ekonomi kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kabupaten Mukomuko.

Dikatakan, Kepala Tata Usaha (KTU) UPT KPHP Mukomuko, M Rizon, pihaknya menyediakan sekitar 37.000 batang bibit siap tanam.

Jenis bibit yang akan dibagikam kepada kelompok tani di Kabupaten Mukomuko ini jenis tanaman jengkol, alpukat, pala dan durian.

"Bibit ini bantuan dari Balai Pengelola Hutan Produksi (BPHP) Lampung," kata M Rizon di ruang kerjanya, Jumat (8/12/2017).

Program ini kata Rizon, merupakan upaya menjaga fungsi hutan produksi dengan pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kemasyarakatan.

"Kita berharap dengan bantuan ini ada perubahan pola pikir masyarakat yang sekarang sudah terlanjur mengelola HPT dengan tanaman sawit dan mau merubah komoditi dengan tanam hutan yang menghasilkan," ujarnya.

Menurutnya, jika dikelola dengan benar, jenis tanaman jengkol, alpukat, pala dan durian ini tidak kalah menghasilkan dengan kelapa sawit.

Saat ini sudah ada 10 kelompok KTH di Kabupaten Mukomuko yang mengusulkan bantuan ini. selebihnya kata Rizon, pihaknya masih menunggu proposal pengajuan dari kelompok lain.

"Bibit sudah siap kita bagikan, kelompok lain masih bisa mengusulkan, yang jelas ada komitmen untuk sama-sama menjaga HPT," ujarnya.

"Muda-mudahan program ini bisa mengurangi kerusakan HPT dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Mukumuko," (MC Kominfo/AM)