Batam, InfoPublik -  Pemerintah Kota Batam menggelar acara satu hari penuh pada hari H, Hari Jadi Batam ke-188, Senin (18/12). Pagi hari dimulai dengan upacara di Dataran Engku Putri Batam Centre.

Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan upacara ini bisa disaksikan seluruh masyarakat Batam. Sedangkan pesertanya berasal dari pegawai Pemerintah Kota Batam dan instansi vertikal.

"Untuk pegawai saya minta pakai baju melayu putih. Tapi kalau tidak ada, yang seragam abu-abu itu juga tidak apa," kata Rudi saat apel Senin (4/12) pagi lalu.

Rudi mengatakan upacara Hari Jadi Kota Batam ini tidak hanya dilaksanakan di Dataran Engku Putri. Tapi juga dilakukan di tingkat kecamatan. Ini merupakan hal baru dalam perayaan Hari Jadi Kota Batam.

Perbedaan lainnya, yaitu ziarah makam zuriat Nong Isa yang biasa dilaksanakan di hari H, dipercepat pada 15 Desember. Ziarah makam keturunan Nong Isa ini diadakan pada Jum’at (8/12) pagi pukul 09.00 WIB.

Acara baru pada perayaan Hari Jadi Kota Batam tahun ini adalah pawai budaya. Pawai yang melibatkan seluruh elemen masyarakat ini digelar di kawasan Batam Centre. Tepatnya dari depan Hotel Sidney Sei Panas sampai ke Dataran Engku Putri.

"Setelah upacara kita lanjut pawai. Pawainya mulai pukul 09.00, hingga tengah hari. Seluruh elemen masyarakat, paguyuban ikut, mengenakan baju budaya daerah masing-masing. Untuk menunjukkan keberagaman dalam persatuan," ujarnya.

Agenda selanjutnya yaitu Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Batam. Sidang digelar di Kantor DPRD Kota Batam pukul 14.00 WIB.

Dan malam harinya, puncak acara yakni Malam Pesta Rakyat dan Anugerah Batam Madani. Kegiatan ini sedikit berbeda dari sebelumnya, karena digelar di lapangan terbuka, Dataran Engku Putri. Tak seperti tahun-tahun lalu yang selalu dilaksanakan di ruang tertutup seperti hotel.

Pesta Rakyat ini akan dimeriahkan penampilan penyanyi jebolan Indonesia Mencari Bakat, Putri Ayu. Selain itu juga akan tampil Amigos Band.

"Kami mengajak masyarakat Batam untuk memeriahkan seluruh rangkaian Hari Jadi Kota Batam ke-188 ini. Karena kegiatan ini digelar untuk kita semua," kata dia. (MC Batam Kartika/toeb)