Menpora Dampingi Menko PMK Resmi Menutup Kirab Pemuda 2017

:


Oleh Astra Desita, Kamis, 7 Desember 2017 | 17:50 WIB - Redaktur: Juli - 337


Jakarta, InfoPublik - Kirab Pemuda 2017 resmi ditutup oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani didampingi Menpora Imam Nahrawi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Blitar Rijanto di Alun-alun Kantor Bupati Blitar, Jawa Timur, Kamis (7/12) siang.

Menko PMK Puan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh panitia pelaksana. "Terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara baik gubernur, walikota dan seluruh elemen masyarakat yang terlibat dari Miangas Sulawesi Utara dan Rote Ndao Nusa Tenggara Timur hingga Blitar ini sehingga kegiatan Kirab Pemuda 2017 dapat terlaksana dengan baik," ujar Puan selaku penanggungjawab Kirab Pemuda 2017.

Menurutnya pemuda merupakan generasi yang akan meneruskan kemajuan peradaban bangsa dan negara. "Dengan jumlah pemuda di Indonesia saat ini sekitar 60 juta pemuda yang merupakan 25% penduduk bangsa Indonesia, mereka (pemuda) memiliki peran strategis untuk kemajuan bangsa dan negara," katanya.

"Di tangan kalian inilah para pemuda, bangsa Indonesia, NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika harus selalu dijaga dan tangan kalianlah masa depan bangsa akan dibawa, kalian berasal dari berbagai macam suku, agama namun kalian dapat berkumpul saat ini disini sebagai satu keluarga dan satu saudara yaitu rakyat Indonesia," tambah Menko.

Menko PMK berpesan kepada generasi muda untuk memiliki kesiapan mental, spiritual, pengetahuan dan keterampilan agar mampu menghadapi persaingan global dan membawa kemajuan karena pembangunan akan berhasil jika di dalamnya ada kebersamaan dan gotong royong serta persatuan.

"Di Blitar di pilih sebagai tempat penutupan Kirab Pemuda 2017 karena di sinilah Proklamator Bangsa Indonesia Ir Soekarno di semayamkan, semangat dan gelora beliau inilah yang harus selalu pemberi semangat bagi kita pemuda pemudi Indonesia untuk bisa membawa Indonesia ke masa depan lebih baik," pesannya.

Sebelumnya Menpora Imam Nahrawi meminta kepada seluruh peserta Kirab Pemuda untuk menyebarkan semangat berani bersatu kepada lingkungan di sekitarnya, karena sekat dan batasan-batasan bukan halangan bagi para pemuda untuk terus bersatu demi cita-cita besar membangun Indonesia lebih baik di masa depan.

“Lebih dari sekedar napak tilas kebhinekaan, program ini juga harus menjadi ajang promosi pariwisata lokal dan mendorong potensi daerah dan mampu memunculkan ikon-ikon pemuda kreatif yang bisa menginspirasi Indonesia dengan karya-karyanya," ujarnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo merasa bersyukur para pemuda dari Sabang- Merauke dan Miangas-Rote berkumpul di bumi Bung Karno dan berziarah ke makam proklamator bangsa Indonesia. "Ini adalah satu kegiatan yang oleh pemerintah Jawa Timur kami sampaikan terima kasih karena memberikan inspirasi kepada pemuda khususnya pemuda pemudi di Blitar agar pemuda semakin mencintai Indonesia dan selalu menjaga Pancasila, NKRI dan kebhinekaan kita," kata Soekarwo.