Surabaya, InfoPublik – Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018 menjadi atensi bagi Polda Jawa Timur. Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin menegaskan jika anggotanya kini telah disiapkan untuk mengamankan.

Namun, ia menjelaskan terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru akan dikoordinasikan lebih lanjut di tingkat Mabes Polri. “Selanjutnya dari Mabes Polri baru nanti dilakukan pengamanan di tingkat daerah melalui rapat koordinasi tingkat daerah. Pengamanan Natal dan Tahun Baru bukan hal yang baru, sudah rutin setiap tahun selalu ada pengamanan,” jelas jenderal polisi bintang dua tersebut, Rabu (6/12).

Menurutnya, Pam Natal dan Tahun Baru di Jatim hanya butuh koordinasi dengan pemda.  “Tinggal tergantung tantangan kegiatan apa nantinya yang dilakukan oleh Pemprov maupun Pemkot. Baru kita melakukan pengamanannya seperti apa. Hal yang pasti anggota kita sudah siap,” ungkapnya.

Machfud mengaku, jalur-jalur kegiatan terutama lalu lintas sudah dipastikan langkah antisipasi dengan baik. Terlebih, lanjut dia, pengamanan tempat-tempat ibadah yang sudah menjadi fokus dan antisipasi dari Polda Jatim beserta jajaran.

“Kalau misal ada hiburan seperti car free night, pastinya harus pengamanan khusus dan direncanakan. Kalau yang lainnya sudah siap untuk pengamanan seperti pengamanan tempat ibadah gereja,” ujarnya.

Tak hanya Polda Jatim, jajaran TNI AD melalui Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Kav M Zulkifli juga menyatakan siap untuk membantu proses pengamanan Natal dan Tahun Baru. Namun seperti apa proses bantuan pengamanan menjadi kewenangan Polri dan TNI AD siap  mem-back up pengamanan sesuai prosedur yang diminta Polri. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/eyv)