Desa Uma Beringin Ukir Prestasi Di ajang Festival DBiP Nasional 2017

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Rabu, 6 Desember 2017 | 08:50 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 440


Mataram. InfoPublik-Sebagai upaya bersama mewujudkan keterbukaan pengelolaan pemerintahan di tingkat desa, Komisi Informasi NTB menggagas program Desa Benderang Informasi Publik (DBIP), melalui program ini desa di dorong untuk menginplementasikan UU keterbukaan informasi publik, sehingga dalam pengelolaan pemerintahannya menjadi lebih transparan.

Melalui program yang merupakan gagasan murni KI NTB ini telah ditetapkan sebanyak 16 desa DBIP se NTB dimana Kabupaten Sumbawa melalui Keputusan Bupati telah menetapkan dua desa model DBIP untuk tingkat Kabupaten dan juga melalui Keputusan Bupati Sumbawa telah ditetapkan setiap Kecamatan memiliki satu desa model DBIP yang pembinaannya melibatkan Dinas PMD Kab. Sumbawa, Bagian Humas Setda Kab. Sumbawa dibawah koordinasi Dinas Kominfotik Kab. Sumbawa.

Dalam keterangannya Kabid IKP Dinas Kominfotik Kab. Sumbawa Suparman, SE menyampaikan bahwa penetapan dua Desa Model DBIP Tingkat Kabupaten sesuai arahan dan kriteria yang disampaikan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB sedangkan penetapan desa model DBIP pada masing-masing kecamatan satu desa model merupakan inisiatif dari Dinas Kominfotik sendiri.

Untuk lebih menggemakan kepada masyarakat dan pemerintahan desa se NTB dan nasional, Komisi Informasi NTB menggelar festifal DBIP di Mataram yang pelaksanaannya  dari tanggal 28 s/d 30 Nopember 2017. Pemerintah Kabupaten Sumbawa mengutus Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara dan Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes untuk mewakili Kabupaten Sumbawa mengikuti berbagai kegiatan  yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya launching 16 desa model DBIP se provinsi NTB, seminar, lomba cerdas tangkas serta lomba gelar budaya oleh masing-masing desa model DBIP.

Dari berbagai kegiatan yang diikuti oleh dua desa model utusan Kabupaten Sumbawa, Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes berhasil meraih Juara I Gelar Budaya dengan atraksi Sakeco variasi dan Juara III Lomba Cerdas Tangkas.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa Ir. H. Ibrahim, M.Si menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh Desa Uma Beringin. “Melalui momentum prestasi yang dipersembahkan oleh Desa Uma Beringin ini kita harapkan Kabupaten Sumbawa semakin terkenal  dan yang terpenting hal ini dapat dijadikan momentum untuk mendorong keterbukaan informasi publik oleh Pemerintah Desa” ujar Kadis Kominfotik disela-sela pengumuman pemenang di Lombok Raya Hotel, Mataram (30/11)

“Kita berharap desa-desa lainnya dapat mencontoh kedua desa ini dan bersama-sama mewujudkan layanan informasi yang baik sehingga isu keterbukaan bukan hanya sekedar isu tapi terimplementasi dalam pengelolaan pemeritahan desa di Kabupaten Sumbawa” harap Haji Ahim biasa Kadis ini disapa.

Sementara itu ditempat terpisah Kades Uma Beringin Suraiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati Sumbawa khususnya dan jajaran pemerintahan Kabupaten Sumbawa atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan sehingga Desa Uma Beringin dan Baru Tahan dapat mengikuti kegiatan ini dengan lancar.

Desa Uma Beingin dalam kegiatan tersebut menerima  1 unit laptop sebagai apresiasi atas Juara I Gelar Budaya dan 1 unit laptop serta uang pembinaan atas Juara III Lomba Cerdas Tangkas dari Komisi Informasi Provinsi NTB. (ra/mckabsumbawa/eyv)