7 Warga Sumenep Masuk Program Transmigrasi

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 5 Desember 2017 | 17:06 WIB - Redaktur: Tobari - 372


Sumenep, InfoPublik -  Sebanyak 7 orang warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masuk dalam program transmigrasi ke luar provinsi tahun 2017. Program tersebut dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat.

"Awalnya kami usulkan sebangak 22 orang, tapi karena hanya mendapatkan kuota 7 orang, ya 7 orang itu yang kami berangkatkan," kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumenep Mohammad Fadillah, Selasa (5/12).

Ia menuturkan, tiap tahun pihaknya selalu memberangkatkan tenaga transmigran ke luar provinsi. Selain karena minat masyarakat yang cukup tinggi, juga karena sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan di wilayah Kabupaten yang ada diujung timur Pulau Madura ini.

Menurutnya, penentuan kuota tenaga transmigran setiap tahun menyesuaikan kuota dari pemerintah pusat.

"Sementara daerah hanya mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi sesuai jumlah warga yang mendaftar sebagai tenaga transmigran,"paparnya.

Ke-7 orang yang diberangkatkan tahun ini, tujuannya ke daerah Sulawesi. "Pekerjaan yang dilakukan mereka menjadi pekebun, bisa terkadang cengkeh, kelapa sawit dan jagung besar," katanya. (Nita/Esha/Fer/toeb )