Gubernur Kalsel Resmikan Bandara Warukin Kabupaten Tabalong

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Selasa, 5 Desember 2017 | 10:32 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Tanjung, InfoPublik – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meresmikan Bandar Udara Warukin Tabalong, Senin (4/12). Peresmian yang diawali dengan penekanan serine oleh Paman Birin ini, juga merupakan agenda bertepatan dengan perayaan hari jadi kabupaten Tabalong ke-52.

Peresmian ini juga, ditandai penandatangan prasasti peresmian bandara oleh Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, Direktur Manajemen Aset Pertamina, serta Direktur PT. Pelita Air Service.

Pada kesempatan ini, Dwi Wahyu Daryoto Direktur Manajemen Aset Pertamina mengungkapkan, Bandara Warukin bisa diresmikan berkat kerja sama yang terjalin dengan baik, antara Pertamina, Pelita Air Service, pihak perusahan swasta di Tabalong seperti Adaro, serta pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Kerja sama ini diharapkan bisa terus berlanjut untuk merawat bandara Warukin nantinya,” katanya.

Bandara yang dibangun dengan menghabiskan anggaran sebanyak Rp70 miliar ini akan melakukan penerbangan dengan rute Tanjung – Banjarmasin, Tanjung – Jakarta, Tanjung – Surabaya, Tanjung – Solo selama sembilan jam penerbangan per harinya menggunakan pesawat Pelita Air ATR72-500.

“Untuk tiket masih kita bicarakan dengan pemda serta pihak swasta yang ada di Tabalong, Namun untuk kisaran harga Banjarmasin – Tanjung ya sekitar Rp600.000 hingga Rp700.000,” katanya.

Sementara itu, Dany Adriananta selaku Direktur PT. Pelita Air Service mengungkapkan bahwa bandara Warukin akan mulai beroperasional secara normal pada akhir Desember 2017.  “Insya allah kita akan mulai buka untuk umum sebelum Natal tahun ini,” ungkapnya.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengapresasi bandara Warukin yang melayani penenerbangan dengan skala nasional setelah sepuluh tahun tidak berfungsi.

“Padahal baru setahun yang lalu, saya ikut groundbreaking menggunakan alat berat, tahun ini sudah bisa kita rasakan manfaat bandara Warukin,” puji gubernur.

Ia juga menyampaikan keyakinannya terhadap hadirnya bandara Warukin akan membawa manfaat kepada masyarakat Kalimantan Selatan.

Disamping itu, H. Anang Syakhfiani selaku Bupati Tabalong, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam pembangunan bandara Warukin.

“Ke depannya Pemkab Tabalong akan terus mendukung untuk pengembangan bandara guna mengurangi beban Bandara Syamsudin Noor yang ada di Banjarmasin,” ujarnya. (MC Tabalong/Gilang/toeb)