Abdullah Kemma Resmi Jabat Ka. BKKBN Sulteng

:


Oleh MC Prov. Sulteng, Selasa, 5 Desember 2017 | 08:59 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 657


Palu, InfoPublik-Gerbong mutasi di Badan Kependudukan dan KB Provinsi Sulawesi Tengah bergerak seiring pelantikkan kepala baru Abdullah Kemma, SE, M.Si menggantikan pejabat lama Drs. Agus Putro Proklamasi, MM.

 Pejabat baru pengganti Agus dilantik langsung Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si di gedung pogombo, kantor gubernur, Senin (4/12).

Kepada kepala baru pengganti Agus, Gubernur Longki menekankan akan pentingnya program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga sebagai proses awal yang menentukan kualitas SDM Sulteng.

"Dengan hanya mempunyai keluarga kecil akan memberikan kesempatan kepada keluarga untuk memperhatikan dalam pemberian pengasuhan dan menumbuhkembangkan anak sehingga kedepan menjadi sumber daya manusia yang handal," beber gubernur tentang urgensi program kependudukan di Sulteng.

Pertumbuhan penduduk Sulteng yang tiap tahunnya sebesar 1,94 % yang di atas 1,49 % atau angka rata-rata nasional lanjut gubernur telah melahirkan suatu tantangan baru.

Tantangan tersebut diantaranya nilai IPM Sulteng yang masih di bawah nasional. Indikator itu dilihat dari rendahnya usia harapan hidup dan partisipasi sekolah di tiap jenjang.

"Karena itu, Saya meminta kepada OPD (yang terkait IPM), teristimewa dalam bidang kesehatan dan pendidikan agar terus menggenjot indikator-indikatornya dengan melibatkan semua sektor," tutur gubernur.

Sementara itu TFR atau tingkat kesuburan reproduksi yang cukup tinggi yaitu 3,2 menunjukkan tiap keluarga berpotensi mempunyai anak lebih dari 2, dipesan gubernur untuk dikendalikan. "Kita harapkan di 2019 turun menjadi 2,8 dengan kesertaan PUS (Pasangan Usia Subur) menggunakan kontrasepsi 59 %," imbuh gubernur. 

Di akhir sambutan, gubernur meminta pejabat baru Abdullah Kemma menjaga integritas dan komitmennya pada pelaksanaan tugas-tugas kepala BKKBN.

"Menjalin kerjasama dengan Forkopimda, OPD khususnya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana," pungkasnya.

Pelantikan pagi itu turut dihadiri Bupati Tojo Unauna Moh. Lahay, SE, Bupati Banggai Herwin Yatim, Bupati Poso Darmin A. Sigilipu, Bupati Donggala Kasman Lassa dan Sekdaprov Moh. Hidayat Lamakarate.(MC.Sulteng/Eyv)