Armatim Gelar Gladi Bersih Hari Armada RI

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 5 Desember 2017 | 07:49 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Surabaya, Infopublik - Puncak peringatan Hari Armada RI tahun 2017 bakal digelar di Dermaga Komando Armada Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya, Selasa 5 Desember esok.

Guna memastikan kesiapan pelaksanaannya, Panglima Armatim, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Setiyono menyaksikan secara langsung prosesi gladi bersih persiapan upacara.

"Gladi bersih upacara parade dan defile ini bertujuan untuk meninjau persiapan dan kesiapan pasukan upacara. Semua dipastikan sesuai dengan urutan dan waktu yang sebenarnya, seluruh prajurit dengan kekuatan 55, dan menampilkan latihan upacara yang terbaik," kata Laksma Didik.

Ia mengatakan, peringatan Hari Armada RI ke 72 mengangkat tema, Armada Republik Indonesia Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara. Upacara tahunan yang dilaksanakan esok akan dipimpin langsung oleh orang nomor satu di TNI Angkatan Laut yaitu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi dan dihadiri oleh para pejabat daerah maupun pejabat teras di lingkungan TNI AL.

Setelah gladi upacara, acara dilanjutkan dengan berbagai atraksi. Dimulai dengan demonstrasi paduan suara, demo GS Taruna AAL, demo sea cast dan recovery sea rider Kopaska ke KRI Teluk Sampit-515, demo terjun freefall dari Kopaska dan Yontaifib Marinir, serta demo Fly Pass dari unsur udara Puspenerbal, serta defile pasukan upacara.

Untuk pasukan upacara terdiri dari delapan Batalyon yaitu Yon Bintara dan Tamtama Koarmatim, Yon Bintara dan Tamtama Koarmabar, Yon Bintara dan Tamtama Pangkalan, Yon 1 Marinir dan Yon 2 Marinir. Sedangkan tujuh kompie dari Kie Taruna AAL, Kie Pomal, Kie Gabungan Kopaska, Satsel dan Dislambair, Kie Gabungan Puspenerbal, serta Kie Kowal, Kie Gabungan Perwira dan Kie Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam prosesi gladi bersih, Panglima Armatim didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJAT) Nyonya Retno Didik Setiyono memberikan semangat kepada ribuan prajurit TNI Angkatan Laut yang melaksanakan gladi bersih. Pejabat TNI AL yang turut hadir yakni Kasarmatim Laksma TNI Roberth W Tappangan, Komandan Lantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, para Asisten Pangarmatim, para Kasatker Koarmatim, Ketua Panitia Hari Armada Komandan Satfib (Dansatfib) Koarmatim Kolonel Laut (P) Retiono Kunto dan para pendukung kegiatan Hari Armada Tahun 2017. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr)