DLH Banjar Rancang Sepeda Sampah

:


Oleh MC Banjar, Senin, 4 Desember 2017 | 10:58 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 267


Martapura, infoPublik – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, bakal merancang sepeda sampah yang akan dioperasikan di gang-gang sempit dan kawasan komplek perumahan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabpaten Banjart, Boyke Tristianto, saat rapat  Focus Discussion Group (FDG) Masterplan Persampahan Tahun 2018 – 2028 di Hotel Rodhita Banjarbaru, Kamis (30/11).

Boyke menyampaikan, bahwa sarana untuk mengangkut sampah terkecil yang dioperasikan oleh Dinas lingkungan Hidup untuk  mengangkut sampah adalah gerobak sampah.

“Hanya saja, operasi gerobak ini masih terbatas karena tidak bisa menjangkau gang-gang sempit. Untuk itu kami mencoba mengembangkan sepeda sampah yang nantinya akan beroperasi pada perumahan-perumahan dengan jalan kecil,” jelasnya.

Boyke Tristianto menyampaikan, rapat FDG merupakan kelanjutan dari pertemuan-pertemuan yang sudah dilaksanakan tim teknis penyusun masterplan beberapa waktu lalu. Diharapkan rapat kali ini, bisa menghasilkan masterplan persampahan secara lebih mendetil.

Sementara Sekda Banjar H Nasrunsyah yang mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman membuka kegiatan FDG,  menyambut baik diadakannya FDG Masterplan Persampahan Tahun 2018 – 2028 ini.

“Untuk mengatasi para pelanggar aturan pembuangan sampah, tidak bisa hanya berupa imbauan,  tetapi harus ada tindakan tegas kepada para pelanggar tersebut,” tegasnya.

H Nasrunsyah meminta kepada perwakilan SKPD terkait yang mengikuti rapat untuk serius mengikuti setiap permasalahannya, sehingga intisari dari pokok pembahasan dapat diserap.

Sekda Banjar juga berharap dengan terlaksananya Rapat FDG Masterplan Persampahan Tahun 2018 – 2028 ini pengelolaan Sampah di Kabupaten Banjar ini dapat berjalan lebih maksimal lagi.

Acara ini dihadirkan sebagai narasumber pada rapat Agus Supriyanto dari Direktorat Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (MC-Kab.Banjar/dani/eyv)