Poso, InfoPublik - Kompetisi Sepakbola Liga Desa Bupati CUP digulirkan pada Kamis (30/11) di lapangan sepakbola Mapane Kecamatan Poso Pesisir. Tujuannya untuk mencari bibit pesepakbola unggulan mulai dari usia dini di Poso.

Melalui Laporan Ketua Panitia Muis Saing, sepakbola adalah salah satu cabang olahraga yang sangat bergengsi dan banyak diminati. Karena hal itu, maka Panitia menggelar pertandingan sepakbola antar pelajar umur 12-14 tahun.

Kegiatan ini dilaksanakan pada dua tempat, di lapangan sepakbola Mapane Kecamatan Poso Pesisir untuk U 12 dan lapangan sepakbola Kasintuwu Kecamatan Poso Kota untuk U 14. Peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk masing-masing usia, U 12 diikuti oleh 14 Klub dan U 14 diikuti oleh 19 Klub.

Sementara Ketua Umum Asosiasi PSSI Kabupaten Poso Syarifudin Odjobolo menyampaikan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Poso, dengan dukungan Pemerintah Daerah teristimewa Dinas Pemuda dan Olahraga, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan.

Ketua Umum Asosiasi PSSI Kabupaten Poso mengharapkan agar hal mendasar yang merupakan kelengkapan atau sarana prasarana lapangan tempat berlangsungnya kegiatan ini, lebih menjadi perhatian kedepan.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan bahwa bibit unggul pesepakbola andalan berasal dari Tana Poso. Semangat para pemain yang didukung oleh Orang Tua dan Guru, semoga menjadi awal dari munculnya pemain sepak bola yang berkelas," kata Syarifudin.

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si yang hadir dan membuka kegiatan ini, dalam sambutannya menyatakan bahwa perkembangan sepakbola turut menjadi penentu perkembangan daerah. Harapnya, dalam kompetisi ini, akan terjaring talenta muda yang mempunyai skill dan yang mengedapankan sportifitas.

"Gelaran ini menjadi awal untuk menunjukan kemampuan secara maksimal dan tidak bermain secara ricuh. kedepankan sportifitas untuk meraih kemenangan," kata Wabup Samsuri.

Liga Desa Bupati Cup ini turut dihadiri oleh FKPD, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Alam, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Poso Pesisir bersama staf, Tamu undangan serta seluruh peserta. (MC Poso/swaifullah mechta/toeb)