Stok Pangan di Kabupaten Balangan Aman Menjelang Akhir Tahun

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Kamis, 30 November 2017 | 17:16 WIB - Redaktur: Tobari - 299


Paringin, InfoPublik - Menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang, dipastikan stok pangan di Kabupaten Balangan masih aman dan terkendali.

Amannya stok pangan tersebut, langsung diungkapkan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan Zainal Abidin AA kepada Mata Banua, Senin (27/11) kemarin.

Aman dan terkendali pangan di Bumi Sanggam ini, menurut Zainal, berdasarkan pantauan langsung pihaknya di lapangan dengan cara memantau harga dan stok pangan yang ada di pasar-pasar yang ada di Balangan.

“Kita tiap minggu ada monitoring langsung ke pasar-pasar. Dari hasil monitoring tersebut, hingga kini tidak terjadi kenaikan harga maupun kelangkaan bahan pokok,’’ ujar Zainal.

Meski demikian, memang kata Zainal, untuk LPG kemasan 3kg masih sering terjadi kekosongan dan harga ikan Haruan (Gabus) seminggu terakhir mengalami kenaikan meskipun tidak seberapa.

Untuk kasus gas LPG 3kg, memang karena adanya pengurangan jatah. Sedangkan untuk iwak haruan mengalami kenaikan, disebabkan permintaan yang meningkat karena saat ini juga bertepatan bulan Maulid serta air yang pasang sehingga stok di pasaran juga berkurang.

“Terlepas dari itu, kondisi harga dan stok pangan kita masih aman,’’ tegasnya dan menambahkan, mengantisipasi kenaikan harga menjelang libur panjang, pihaknya sudah melakukan beberapa hal di antaranya, memberikan imbauan kepada para pedagang besar untuk tidak menimbun barang dagangannya.

Selain itu, kata dia, seminggu lalu pihaknya sudah melakukan operasi pasar berupa pasar murah di Kecamatan Halong, tepatnya di Pasar Tabuan yang dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Bulog, jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga bahan pokok maka kita akan mengela pasar murah dengan penyedia bahan pokoknya dari Bulog,” katanya. (MC Balangan/SG/toeb)