Serdang Bedagai, InfoPublik – Peringatan HUT Korpri harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas. Harus menjadi momentum melakukan lompatan besar demi mencapai kemajuan bangsa Indonesia.

Korpri juga harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan negara Indonesia dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai agen perekat kebinekaannya. Kita ingin Korpri menjadi organisasi dengan budaya yang penuh inovasi dan kreativitas, modern dan efesien serta melayani dengan jiwa dan semangat Pancasila.

Demikian sambutan tertulis Presiden Joko Widodo, selaku Penasihat Nasional Korpri, yang dibacakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman pada upacara peringatan HUT Korpri ke-46 Tahun 2017 bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (29/11) pagi.

Lebih lanjut dijelaskan Presiden bahwa di era persaingan terbuka saat ini banyak tantangan yang harus kita hadapi. Inovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, tetapi bahkan mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik hingga kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Korpri harus benar-benar memahami peta kompetisi ke depan yang penuh ketidakpastian. “Tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan nasional melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas publik yang berdasar Pancasila,” kata Jokowi.

Oleh karenanya Presiden Jokowi mengimbau agar setiap anggota Korpri harus terus memperbaiki diri, tinggalkan cara-cara rutin dan perkuat semangat debirokratisasi. Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel.

Ditambahkan Presiden bahwa sebuah korp profesi, Korpri mempunyai tuntutan untuk dapat mempererat solidaritas para anggotanya, mendorong pengembangan kompetisi sumber daya manusianya agar menjadi aparatur yang profesional.

“Selain itu Korpri harus mampu menjaga netralitas organisasi, menempatkan pelayanan masyarakat di atas kepentingan pribadi, organisasi dan golongan,” ujar Presiden.

Ikut serta dalam upacara tersebut Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, mewakili Dandim 0204/DS, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Perwakilan dari PT. Plorindo Makmur Mariyatno, BNN Sergai, Kemenag, Pejabat JPT Pratama, Administrator, Pengawas serta ratusan ASN di lingkungan Pemkab Sergai.

Di sela-sela upacara, diumumkan para pemenang pertandingan pada Porkab Korpri Kabupaten Sergai Tahun 2017 diantaranya Juara I Pengucapan Pembukaan UUD 1945 dan panca Prasetya Korpri diraih Hadi Arianto, S.Pd, M.Pd dari Dinas Pendidikan.

Juara I Trup Gembira diraih oleh Tim BPBD Sergai, Vocal Solo diraih Azhar handoyo dari Kecamatan Pegajahan, Tenis Meja Tunggal Putri diraih Jimar Elfani Lubis dari Kecamatan Tanjung Beringin, Tenis Meja Tunggal Putra oleh Reza Adrian dari Disdukcapil.

Sedangkan Tenis Meja ganda putra juara I diraih Disdukcapil, juara II diraih oleh Khairil Umri dan Indra Irawan dari Dinas Kominfo. Untuk bulutangkis ganda Putra diraih Dinas PUPR.

Kemudian dilakukan penyerahan tali asih kepada ASN yang memasuki masa pensiun serta penyerahan bantuan CSR dari PT. Plorindo Makmur kepada Pemkab Sergai guna mendukung kebersihan lingkungan. (MCSergai/vivi/toeb)