BPPD Kabupaten Sukabumi Lakukan Upaya Preventif Antisipasi Banjir dan Longsor

:


Oleh Eka Yonavilbia, Kamis, 30 November 2017 | 08:16 WIB - Redaktur: Juli - 833


Cikembar, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melakukan langkah preventif dalam rangka mengantisipasi bencana banjir dan longsor dalam rangka musim hujan.

"Preventif itu dilakukan melalui imbauan baik melalui sosialisasi  seperti kegiatan sosialisasi dan simulasi masyarakat tangguh bencana di Kawasan Geopark Ciletuh maupun media seperti radio Elmitra 96 FM Sukabumi, media online Sukabumi Update. BPPD bermitra untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk mengantisipasi musim banjir dan longsor," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi Dudung Abdullah ditemui InfoPublik di kantornya di Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (29/11).        

Dudung menekankan pihaknya juga mendukung Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, menetapkan Kampung Cikaramat di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit menjadi Kampung Siaga Bencana (KSB). Program KSB adalah pelibatan masyarakat setempat dalam pelaksanaan penanggulangan bencana atau dikenal dalam istilah Community Based Disasters Management yang dikombinasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal.

Pihak BPPD juga mempersiapkan relewan benacana banjir, hal ini bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi bencana banjir di daerah relawan,agar mereka dapat melakukan antisipasi dan pertolongan kepada masyarakat daerahnya dianggap rawan bencana. Selain itu, BPPD dan relawan  juga memasang rambu-rambu rawan bencana banjir dan longsor.

BPPD juga mengatur peran  masyarakat agar peduli kepada pencegahan bencana. melalui pencegahan ini diharapkan akan mendapat menimalisir bencana agar tidak terjadi korban jiwa.

BPPD dan masyarakat Warung Kiara Kabupaten Sukabumi juga menanam 3000 pohon untuk mengantisipasi banjir dan longsor, hal ini disebabkan masyarakat menebang pohon secara sembarangan.