Dinas PU Kabupaten Sukabumi Siap Siaga Antisipasi Banjir dan Longsor

:


Oleh Eka Yonavilbia, Kamis, 30 November 2017 | 08:11 WIB - Redaktur: Juli - 3K


Pelabuhan Ratu, InfoPublik - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat siap siaga mengantisipasi rawan banjir dan longsor di musim hujan.  

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Bambang Widyantoro menjelaskan, pihaknya akan menyediakan tujuh alat berat di beberapa pos Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) yang diperkirakan biasanya terjadi permasalahan tersebut.

"Alat berat harus digunakan apabila keadaan banjir atau langsor yang parah, jika masyarakat dapat mengatasi banjir dan longsor tanpa alat berat, maka Pemkab tidak akan mengirimkan ke lokasi tersebut," kata Bambang kepada InfoPublik di kantor Dinas PU Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (29/11).

Selain itu, dinas ini terus melakukan pengawasan Izin Pendirian Pembangunan untuk rumah dan gedung yang berada di daerah rawan banjir dan longsor agar masyarakat tidak mendirikan bangunan.

"Dinas juga terus melakukan laik fungsi bangunan dengan mengeluarkan sertifikasi agar masyarakat secara tepat memfungsikan lokasi bangunan, sehingga diharapkan bangunan ini dapat tahan gempa, banjir dan longsor," ungkapnya.

Untuk mendirikan bangunan di daerah yang mudah banjir, longsor dan gempa, masyarakat diimbau agar dapat bekonsultasi ke Dinas Pekerjaan Umum.