Kuatkan Jalinan Sosial Untuk Ciptakan Kedamaian

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 28 November 2017 | 15:57 WIB - Redaktur: Tobari - 270


Sumenep, InfoPublik -  Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Drs. R. Idris, MM mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan menguatkan jalinan sosial, supaya Kabupaten Sumenep tetap damai dan aman.

“Kalau masyarakat waspada, insya Allah tidak mampu meruntuhkan bangunan kedamaian di Sumenep ini. Tapi kita wajib mewaspadai, karena saat ini, ancaman terhadap stabilitas sosial bisa datang kapan saja,” katanya pada pembukaan Sosialisasi Penguatan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila, Rasa Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbela Negara dan Berkonstitusi tahun 2017 di Hotel Utami Sumekar, Selasa (28/11).

Ia menyatakan, nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam menjaga kerukunan, kedamaian, dan keamanan di Sumenep.

“Semua pihak berbuatlah yang terbaik sesuai profesi masing-masing, sebagai wujud keikutsertaan dalam upaya bela negara, apalagi secara geografis, Kabupaten Sumenep memiliki gugusan pulau yang begitu banyak yang memiliki tantangan tersendiri,”imbuhnya.

Pelaksanaan sosialisasi bela negara diharapkan peserta bisa menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat, sekaligus ikut serta mewarnai setiap aktifitas pembangunan di daerah masing-masing.

“Bahkan juga melahirkan kader Bela Negara yang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki kualitas sikap mental dan perilaku cinta tanah air, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara,” kata Idris.

Sementara itu Kepala Bakesbangpol Linmas Kabupaten Sumenep Moh. Kafrawi, S.Sos, M.Si menambahkan, masyarakat jangan memahami bela negara dalam arti yang sempit, seperti upaya membela negara dari ancaman musuh bersenjata. Namun, memahaminya dari makna yang luas, yaitu upaya mengangkat harkat dan martabat bangsa dan negara.

“Undang-Undang Nomor 3 tahun 2002 secara eksplisit menjelaskan, salah satu bentuk bela negara adalah berkarya yang dedikatif untuk bangsa dengan skill, ketrampilan dan keahlian untuk kemajuan bangsa,”imbuhnya.

Peserta sosialisasi Penguatan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila, Rasa Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbela Negara dan Berkonstitusi ini diikuti sebanyak 200 orang dari berbagai unsur masyarakat. (Yasik/Esha/Fer/toeb)