Gubernur Jamin Pemilukada Serentak di Jatim Aman Dan Lancar

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 28 November 2017 | 13:52 WIB - Redaktur: Tobari - 209


Surabaya, InfoPublik - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjamin bahwa pelaksanaan pemilukada serentak 2018 di 18 Kabupaten/Kota, serta Pilgub Jatim akan berjalan aman dan lancar.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara pembukaan rapat pimpinan nasional KPU RI dan KPU se Indonesia, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (27/11) malam.

"Saya jamin Pilkada serentak 2018 di Jawa Timur akan berlangsung aman,” tegas Pakde Karwo sapaan akrabnya Gubernur Jatim Soekarwo.

Pak de karwo yang juga mantan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim itu menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah proaktif dalam menciptakan kondisi aman di Pilkada serentak 2018 nanti.

Beberapa di antaranya terus melakukan koordinasi dengan aparat keamanan, termasuk juga sampai ke tingkat Babinsa dan tokoh masyarakat desa.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah melakukan imbauan sejak dini kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitasnya dalam Pilkada serentak nantinya. Kadang,  adanya ASN yang tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada menjadikan situasi dan kondisi tidak kondusif.

“Kami juga melakukan koordinasi hingga ke tingkat desa, guna memastikan Pilkada berjalan aman dan damai,” terangnya.

Pakde Karwo menambahkan, kontribusi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 juga sudah tergolong maksimal.

Beberapa kebijakan sudah dilaksanakan untuk mempermudah pelaksanaan Pilkada serentak, seperti telah dipastikan kalau NPHD dari seluruh daerah di Jawa Timur yang menggelar Pilkada sudah selesai semua.

“Termasuk pula dengan penyediaan DP4, juga sudah kami sampaikan. Itu bagian dari komitmen dan kontribusi Kami dalam menyukseskan Pilkada Serentak,”ujarnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-pca/toeb)