Kemendikbud Janjikan Bantuan Rp2 Miliar Untuk SKB Sungai Limau

:


Oleh MC Kabupaten Padang Pariaman, Senin, 27 November 2017 | 09:16 WIB - Redaktur: Tobari - 920


Sungai Limau, InfoPublik - Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bersama Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan Direktorat Pembinaan Kesataraan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Drs. Hasan Bisri, meresmikan dan serah terimakan Unit Gedung Baru Sanggar Kegiatan Belajar (UGB SKB) Padang Pariaman.

Acara yang dilaksanakan di SKB Sungai Limau, Rabu pekan lalu. itu turut dihadiri Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Jon Kenedi, Kabag Humas Andri Satria Masri, Kabid PAUD Suhatman, Ketua Forum PKBM Sumbar dan Kepala SKB se Sumatera Barat.

Suhatri Bur mengatakan, UGB PAUD dibangun untuk memberikan kegiatan pembelajaran bagi anak-anak usia dini, yaitu yang berusia antara  2 sampai 6 tahun. "Sekarang gedungnya kita resmikan. Semoga gedung ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Ditambahkan Suhatri, ada berbagai kebijakan Kemendikbud perihal program PAUD untuk jangka waktu ke depan. "Tentunya peran Bunda PAUD dan sejumlah elemen organisasi yang juga untuk meningkatkan mutu pelayanan PAUD ini," sebut mantan Tenaga Lapangan Dikbud (TLD) itu.

Ia mengungkapkan pembahasan program sekaligus menjelaskan tatangan yang dihadapi oleh BPKB dan SKB dalam pembinaan program PAUD di wilayah setempat. "Termasuk masalah tenaga kependidikan, pamong belajar, serta peran nyata BPKB dan SKB ke depan dalam mendukung perluasan dan peningatan mutu program-program PAUD,'' kata Suhatri. 

Dijelaskannya, sebelum melatih para peserta, pihaknya terlebih dahulu mengadakan peninjauan ke lapangan. Selain itu, juga diadakan sosialisasi bagi yang mau ikut pelatihan, seperti pelatihan menjahit.

Sementara, Hasan Bisri dalam sambutannya memohon kepada Pemkab Padang Pariaman untuk memperhatikan pendidikan informal. "Kami akan memperhatikan terus SKB karena selama ini SKB seperti dianaktirikan dari pendidikan lainnya.

Hasan Bisri mengapresiasi Pemkab Padang Pariaman yang merespon cepat alih fungsi SKB menjadi Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF). "Saat ini SKB di Indonesia tercatat 409 SKB, 288 telah menjadi SPNF. Jika sampai Februari 2018 tidak dijadikan SPNF maka selanjutnya dilarang beraktifitas," katanya.

Hasan Bisri juga menjanjikan kepada Padang Pariaman, jika tersedia lahan yang memadai maka pihaknya akan membantu anggaran pembangunan sampai Rp2 miliar. (MC Padang Pariaman/toeb)