Seminar Nasional Perwujudan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

:


Oleh mctidore, Senin, 27 November 2017 | 08:20 WIB - Redaktur: Tobari - 561


Tidore, InfoPublik – Wakil Walikota Tidore Kepulauan, yang diwakili oleh Assisten Setda Bidang Ekonomi dan Kesra Drs. Muhammad Yasin, membuka Seminar Nasional IV Perwujudan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, di Aula Universitas Nuku, Kamis (23/11).

Kegiatan tersebut, diselenggarakan dalam rangka Pekan Ilmiah dan Kongres Nasional V Ikatan Mahasiswa Tehnik Sipil Indonesia.

Dalam sambutannya, Drs. Muhammad Yasin menyampaikan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyadari bahwa kejayaan maritim mampu memanfaatkan seluruh potensi dan sumber daya bahari menjadi suatu kekuatan yang mampu mensejahterakan masyarakat.

Oleh karena itu Visi Pemerintah Daerah, yaitu "Terwujudnya Kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Jasa Berbasis Agro-Marine", merupakan suatu konsep gagasan pembangunan yang tidak dapat ditawar lagi.

"Kepada seluruh pesert, saya berharap agar dapat melaksanakan kegiatan  ini dengan sebaik-baiknya, bermanfaat sekaligus menjadi sumbangsih pemikiran kita terhadap program pembangunan nasional yang menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekuatan maritim terbesar di dunia," katanya.

Sementara Wakil Rektor III Universitas Nuku Yusuf Kamis, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan ada beberapa hal yang menjadi titik fokus pembangunan di bidang pendidikan, yaitu Komitmen pemerintah dan lembaga pendidikan tinggi dalam membangun pendidikan tinggi yang bermutu dan berkualitas.

Serta, membangun dan mengembangkan pendidikan yang lebih layak baik infrastruktur dan peningkatan kapasitas pengajar, keterjangkauan pendidikan terutama dari sisi biaya, kualitas dan mutu pendidikan, dan adanya jaminan terhadap kesediaan lapangan kerja bagi setiap sarjana atau alumni.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 23 November sampai dengan 24 November 2017 dengan menghadirkan 4 narasumber

Mereka adalah Kasubdis Strategis Taktik dan Latihan AL Kolonel Laut (P) Salim, Kepala BRSDM Kelautan dan Perikanan Kementerian KKP M. Zulficar Mochtar, ST, M.Sc, Sekjen Indonesia Maritim Institute Ardinanda Sinulingga, dan Sultan Tidore H. Husain Syah.

Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata dari Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Tehnik Sipil Indonesia (IMTSI) Cabang Maluku Utara Wisnu kepada Assisten Bidang Ekonomi dan Kesra Drs. Muhammad Yasin. (MC Tidore/toeb)