TNI AD ajak generasi Muda Tumbuhkan Kecintaan Pada Tanah Air

:


Oleh Yudi Rahmat, Minggu, 26 November 2017 | 15:05 WIB - Redaktur: Juli - 639


Jakarta, Infopublik - TNI Angkatan Darat mengajak generasi muda tumbuhkan kecintaan pada tanah air, melalui lomba memanfaatkan gadget dan media sosial. 

Kegiatan ini dimulai semenjak Oktober 2017 serta ditutup Jumat (23/11). Kemudian dilanjutkan dengan partai final yang mempertemukan team Saints Indo dan RRQ yang berlangsung secara head to head di  Aula Jenderal Besar  A.H Nasution Mabesad Jalan Veteran No 5 Jakarta Pusat,  Sabtu (25/11).

Grand Final yang dibuka Waaster Kasad Brigjen TNI Dudung Abdurachman, mewakili Asisten teritorial (Aster) Kasad Brigjen TNI Supartodi mengatakan Ide-ide kreatif melalui lomba game online, dalam rangka membangkitkan rasa Nasionalisme dan menumbuhkan kecintaan pada tanah air bagi generasi muda  

Menurutnya, kegiatan ini kolaborasi antara TNI AD dengan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) diharapkan mampu menjaring aspirasi pemuda dalam meningkatkan nasionalismenya dihadapkan pada jaman kekinian dengan memanfaatkan kemajuan teknologi secara positif.

Dudung menambahkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan presepsi TNI AD dengan generasi milenial tentang Isi dari pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yaitu bahwa “Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara”. Bentuk dari pembelaan Negara dapat diwujudkan dalam bentuk kreasi-kreasi dan inovasi yang dapat mendorong pengguna media sosial untuk memiliki sikap gotong-royong, kebersaman, rela berkorban dan pantang menyerah serta mengutamakan kesatuan di atas keberagaman dan perbedaan.

Dengan demikian generasi milenia memiliki kekebalan bangsa (immunity of nation) yang pada dasarnya adalah daya tangkal dan daya tahan yang dimiliki untuk menghadapi berbagai persoalan dalam komplek kesatuan bangsa serta kekebalan yang dimiliki bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI walaupun karakter tersebut tidak dapat dipisahkan telah menjadi anti virus yang menjaga kekebalan atau imunitas bangsa Indonesia. 

"Namun harus jujur diakui bahwa pada dewasa ini nilai-nilai luhur tersebut semakin sulit ditemukan hal ini menjadi persoalan kita bersama dalam menyelesaikan tantangan yang ada," ujar Aster Kasad dalam sambutan tertulisnya.

Ketua DPP AMPI Dito Ariotedjo mengatakan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan AMPI saat ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme generasi mileneal.

“Tanpa melupakan sejarah dan didorong oleh pendahulu-pendahulu kita, AMPI akan selalu  mendorong pemuda untuk selalu berani membuat perubahan demi tumbuhnya rasa nasionalisme dan kecintaan pemuda terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu hasil lomba game online di partai final dimenangkan oleh tim RRQ dengan skor 2-1 dan berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah. Untuk lomba Video Instagram dimenangkan oleh Dida Warda dengan video berjudul “Nasionalisme Generasi Muda Berkarya Untuk Bangsa”. Juara kedua diraih oleh Luky Fitriani dengan video bertajuk “Kontribusi Untuk Negeri” dan posisi ketiga diraih oleh Adam Sulaiman dengan label “Pejuang Karya”.

Dalam lomba Komik Instagram karya cipta komik terbaik dimenangkan  Ilham Prayoga dengan judul komik “Nasionalisme Jaman Now”. Posisi terbaik kedua diraih oleh  Dwiky Abdillah dengan judul komik “Semangat Nasionalisme” dan posisi ketiga diraih Gani Suryo dengan judul komik “Superhero”.

"Ayo Maju Pemuda Indonesia, tumbuhkan jiwa Nasionalismemu untuk bangsa. Ciptakan kreasimu demi kemajuan Indonesia. TNI AD akan selalu mendorong dan mendukungmu demi kemajuan bangsa dan Negara," pungkasnya.