Pengamat LIPI Minta Parpol Tindak Tegas Kader Tersangkut Kasus Korupsi

:


Oleh Tri Antoro, Sabtu, 25 November 2017 | 21:22 WIB - Redaktur: Juli - 268


Jakarta, InfoPublik - Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro meminta pada seluruh partai politik harus bersikap tegas terhadap kadernya yang diduga kuat tersangkut kasus tindak pidana korupsi. 

"Jangan sampai partai politik menjadi tidak profesional ketika masalah korupsi," ujar Siti Zuhro di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (25/11). 

Menurut dia, setiap kader partai politik harus tunduk pada aturan hukum yang berlaku apapun jabatan dari oknum yang tersangkut kasus korupsi itu. Jadi apabila ada yang sudah ditetapkan menjadi tersangka harus segera ditindak  tegas partai, jangan sampai berlarut-larut. 

Persoalan korupsi, lanjutnya, merupakan suatu hal yang sangat sensitif dimasyarakat. Setiap ada politikus yang tersangkut kasus korupsi dapat dipastikan akan berdampak pada eksistensi partai dimata masyarakat. 

"Tidak ada partai poltik yang kebal degradasi di mata masyarakat ketika berurusan dengan pelanggaran hukum," imbuhnya. 

Dia menyarankan, jika ada partai yang sedang dilanda hal diatas, dapat langsung mengatasinya secara profesional. Jangan sampai tidak memberikan sikap tegas pada oknum yang tersangkut tindak pidana korupsi. 

"Memberikan langkah-langkah positif untuk berpikir out of the box ditengah konflik-konflik politik," pungkas Siti.