Lantamal V Gelar Prokasih Libatkan 5.500 Personil Sambut Hari Armada

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 24 November 2017 | 14:26 WIB - Redaktur: Tobari - 249


Surabaya, InfoPublik - Menyambut Hari Armada tahun 2017, prajurit Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) melakukan aksi bersih bersih Kalimas, yang merupakan sungai bersejarah bagi Kota Surabaya. Kegiatan ini disebut Program Kalimas Bersih (Prokasih) dengan melibatkan 5.500 personil gabungan dari TNI, Polri, dan pemerintah.

Adapun peserta Pro Kasih yang terlibat di antaranya dari Koarmatim, kemudian dari TNI Angkatan Laut seluruh wilayah timur, instansi TNI yang ada di Surabaya, dan Polri. Hadir pula perwakilan dari masyarakat kemaritiman, Pemerintah Kota Surabaya dan seluruh lapisan masyarakat Kota Surabaya.

Kepala Staf Armatim Laksma TNI Robert Walter Tappangan, seusai melakukan pembukaan Prokasih, menjelaskan, bersih bersih Kalimas ini, selain menyambut Hari Armada, juga memperingati Hari Pahlawan. TNI juga berharap, bahwa Kalimas ini nantinya akan berfungsi seperti jaman dahulu.

"Dimana sungai Kalimas ini terkenal sebagai jalur kapal-kapal kecil, sebagai jalur komunitas perdagangan bagi masyarakat Surabaya. Dan memiliki nilai sejarah dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia," katanya, Jum’at (24/11).

Prokasih ini, sedianya telah dilaksanakan TNI AL sejak 20 Oktober 2017 lalu dan akan berakhir pada 4 Desember 2017 nanti. Kasarmatim berharap, program bersih bersih kali ini tidak hanya dilaksanakan pada momen momen tertentu, tetapi secara rutin dilakukan.

"Harapan kita ke depan, tentunya Kalimas dapat kita gunakan kembali sebagai jalur komunitas perdagangan, maupun sebagai jalur atau tempat wisata bagi masyarakat lokal maupun mancanegara," harap Kasarmatim. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/toeb)