Diskominfo Jatim Dukung Publikasi Cegah Hoax Selama Asean Games 2018

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 24 November 2017 | 07:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 214


Surabaya InfoPublik - Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur bersama para peserta Sinergi Aksi Informasi Dan Komunikasi 2017 dari berbagai daerah di Indonesia  akan memberikan dukungan penuh pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang dan DKI Jakarta.  

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Jawa Timur, Eddy Santoso mengatakan, kegiatan SAIK 2017 di Palembang dimaksudkan dengan harapan agar Asian Games 2018 berjalan lancar dan didukung seluruh komunitas di Indonesia. “Seluruh Provinsi siap mensukseskan Asian Games 2018, dengan mempublikasikan dan menanggulangi hoax bila muncul saat berlangsungnya Asian Games,” ujarnya usai menerima cenderamata di arena SAIK 2017 Palembang, Kamis (23/11). 

Oleh karena itu, pihaknya terkesan dengan keberhasilan penyelenggaraan SAIK 2017 di Palembang tersebut, yang  sangat membantu dalam menginformasikan berbagai program pemerintah terkini, termasuk Asean Games 2018 dan mempererat silaturahmi seluruh daerah. “Sebagaimana disampaikan oleh bapak Menteri (Kominfo, red), bahwa pak Menteri telah mengikuti pagelaran SAIK tiga kali, dengan berbagai keberhasilannya yang cukup banyak, meskipun masih ada kekurangan yang masih diperbaiki dan disampaikan ke pak Menteri, “tambahnya     

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti selaku Ketua Panitia SAIK 2017 mengatakan, tujuan utama dari SAIK 2017 adalah sebagai bentuk sinergi aksi humas pemerintah yang memiliki posisi strategis dalam sebagai garda terdepan informasi kepada masyarakat. Apalagi, informasi kepada publik sudah diatur di dalam Undang-Undang yang merupakan hak asasi bagi manusia. 

Niken menambakan, humas pemerintah kini menghadapi tantangan yang luar biasa di tengah banjir informasi dalam tantangan global. Lewat gelaran SAIK 2017, akan mendorong informasi mengenai program pemerintah makin massif beredar di masyarakat. SAIK 2017 juga merupakan sebagai wadah konsolidasi pemangku kepentingan untuk mewarnai dunia komunikasi.  

Kota Palembang di Provinsi Sumatera Selatan sengaja dipilih oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai tuan rumah SAIK 2017 sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Sumatera Selatan yang tengah bersiap menyelenggarakan event akbar Asian Games 2018. 

Kegiatan SAIK 2017 sendiri bertujuan untuk menata informasi dan komunikasi nasional agar terus berkembang serta terintegrasi, tidak hanya dari elemen pemerintah tapi juga seluruh pelaku komunikasi dan informatika seperti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra), Blogger dan Warganet (Netizen) hingga masyarakat umum.  

Beberapa jenis kegiatan SAIK 2017 antara lain Forum Badan Komunikasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas), Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Festival Kelompok Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional, Temu Blogger dan Pameran produk humas, KIM, produk teknologi informasi dan komunikasi serta pos dan telekomunikasi (postel). (MC Diskominfo Prov Jatim/non-mad/eyv)