EkaDiskepan Enrekang Tulari Keterampilan Hidroponik ke Siswa Muhammadiyah

:


Oleh MC Kab. Enrekang, Rabu, 22 November 2017 | 10:26 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 397


Enrekang, InfoPublik - Keterampilan hidroponik semakin gencar dikembangkan dan disebarluaskan oleh Dinas Ketahanan Pangan (Diskepan) Enrekang. Mereka juga mengajarkan keterampilan bercocok tanam itu kepada siswa perguruan Muhammadiyah, Cece.

Kepala  Madrasah Ibtidaiyah, Sumarni merasa senang dengan pembekalan dari pihak Diskepang Enrekang. Menurutnya, kegiatan itu mempunyai manfaat yang sangat bagus di bidang keterampilan siswa. 

"Dengan begini semoga bisa memanfaatkan pekarangan dan lingkungan lebih produktif, lembaga lebih mandiri, bahkan bisa menambah menghasilkan dan menyejahterakan para pengelola," ungkap Sumarni.

Pembuatan hidroponik cukup sederhana karena hanya memanfaatkan media dari barang bekas yang masih layak pakai, seperti pipa, botol minuman kemasan, jeriken, baskom, hingga keranjang plastik.

Tak hanya siswa yang bisa mempelajari hidroponik, tetapi guru dan masyarakat umum juga diajak untuk mengembangkan metode tersebut. Hal tersebut mendorong pemanfaatan ingkungan sekitar menjadi lebih produktif. 

"Hidroponik tidak butuh lahan yang luas, karena mediumnya sangat sederhana. Ini adalah salah satu metode tanam yang bagus dicoba untuk ruang-ruang sempit," ungkap Kepala Diskepan Enrekang, Fajar Muhiddin.(MC-Enrekang)