Gebyar Gembira Lansia Kecamatan Siantar Marihat

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Selasa, 21 November 2017 | 19:03 WIB - Redaktur: Tobari - 916


Pematangsiantar, InfoPublik - Kecamatan Siantar Marihat, Kota Pematangsiantar, memberikan semangat kegembiraan melalui berbagai jenis perlombaan dan hiburan, sebagai wujud penghormatan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat lanjut usia (lansia).

Kegiatan yang dikemas melalui gebyar gembira lansia yang berlangsung di lapangan Melanton Siregar jalan Farel Pasaribu, Selasa (21/11) ini, dihadiri Walikota dan ketua PKK kota Pematangsiantar Ny, Syahputri Hefriansyah boru Hutabarat.

Dalam sambutan Walikota yang dibacakan staf ahli bidang pemerintahan Drs. Pardamean Silaen, M.Si di antaranya dijelaskan, beberapa kenyataan yang banyak kita dapatkan di tengah masyarakat rasanya tidak etis, manakala para lansia, yang termasuk penyandang cacat harus berdesak-desakan di berbagai fasilitas publik.

Oleh karena itu perlu adanya semangat, kepedulian, komitmen dan aksi bersama mengedepankan kesehatan lanjut usia.

Selain itu, Walikota berpesan, ciptakan suasana yang mendukung perubahan dan perilaku lansia untuk tetap sehat dan produktif melalui paling tidak enam langkah.

Yaitu, pertama, promosikan kesehatan dalam setiap siklus kehidupan, kedua, ciptakan lingkungan ramah lansia yang mendorong kesehatan dan partisifasi aktif lansia, ketiga, sediakan layanan kesehatan ramah lansia, keempat, tingkatkan peran serta lansia dalam kebijakan publik ramah lansia.

Kemudian, kelima, pertimbangkan pandangan lansia dalam setiap pengambilan keputusan dalam pembangunan disetiap tingkatan, dan keenam, sadari nilai kearifan lansia dan bantu mereka berpartisipasi dalam keluarga dan masyarakat.

Tema yang diusung pada kegiatan itu "menuju tua: sehat,  mandiri,  aktif dan produktif". Camat Siantar Marihat melalui Sekretaris Saud Sinaga, S.Ip selaku ketua pelaksana melaporkan maksud dan tujuan kegiatan agar para lansia hidup sehat, aktif,  mandiri dan proaktif. 

Selain itu dapat memberikan kesempatan kepada para lansia untuk bergaul dan aktif secara sosial, peserta dalam pembinaan lansia berkisar 550 orang terdiri dari Lansia, perangkat kelurahan serta OPD terkait. 

Dengan rangkaian kegiatan di antaranya senam lansia, lomba memakai make up tanpa cermin,  lomba junjung botol, lomba makan kerupuk, lomba menggambar dengan menutup mata, lomba memasukkan paku kedalam botol.

Hadir dalam kegiatan yang berlangsung meriah itu Kadis Sosial P3A Pariaman Silaen, SH,  Camat Siantar Marihat Johannes Sihombing SSTP,  uspika kecamatan Siantar Marihat, dan lainnya.(Humas/Dani/C2/toeb).